Labels

Tuesday, March 31, 2015

God Enel : Sebuah Pembelaan dari seorang Fans





Kalau boleh dibilang, god enel adalah salah satu karakter dalam manga one piece yang paling banyak di perdebatkan di dunia maya. Alasan utamanya ya itu, dia punya kekuatan petir yang banyak dianggap fans sebagai salah satu kekuatan logia yang paling kuat, sejajar dengan monster2 trio admiral(before timeskip). Dianggap sebagai tokoh yang terlalu cepat dikeluarkan oda, bahkan fans fanatiknya kadang2 mengunggulkannya dari chara2 monster seperti akainu atawa kizaru. Agak keterlaluan sih, tapi itulah realitanya.
Aku termasuk fans enel dari sejak kali pertama dia muncul di manga volume 27 beberapa tahun yang lampau, kalau nggak salah pas tahun 2004, saat study tour SMP kelas 2.hahaha…. dan salah satu alas an kuatnya juga karena kekuatan petirnya,hehehe(adegan saat enel ditusuk tombak oleh kamakiri dan jurus ‘1 juta volt volley’ nya sangat keren buatku). Buatku saat itu, enel salah satu chara antagonis yang hampir2 tak bisa dikalahkan
apalagi saat melihat sepak terjangnya di manga volume 29…brrr benar2 situasi yang membuat putus asa. Bahkan seingatku, sampai sekarang hanya enel lah yang menghadirkan kesan ‘tak terkalahkan’ itu diantara chara2 antagonis  one piece lainnya(tambahan yang punya kesan seperti itu selain enel adalah crocodile. Dan semua terjadi sebelum adanya haki,dimana logika oda untuk mengalahkan musuh2 bertipe logia ini benar2 rasional dan diluar dugaan para fans).


Enel adalah seorang penduduk langit dari ras bilcan, dimana ras ini dianggap sebagai ras yang banyak memiliki petarung2 kuat(menurut kapten mc kinley,komandan pasukan white beret-angel beach). Dan itu memang benar, orang2 bilcan yang dibawa enel menuju skypiea adalah petarung2 kuat seperti ohm,shura,yama dan pasukan dewa lain(gedatsu hanya orang idiot,hahaha). Kemungkinan besar, mereka adalah orang2 yang berhasil bertahan dari survival game ala enel di pulau bilca, sebelum enel sendiri menghancurkannya. Hanya saja perlu dicatat, enel menghancurkan bilca sebelum adanya maxim. Artinya, dia menghancurkan sebuah pulau dengan kekuatannya sendiri entah bagaimana caranya. Membuktikan bahwa dari sejak semula, orang ini memang sangatlah kuat.
Penampilan enel cukup unik dengan gaya busana yang, menurutku memang menimbulkan imej ‘seorang dewa’. Memakai penutup kepala sederhana, mata yang terkesan ‘malas’, hidung unik(salah satu hidung terunik dan ikonik di manga one piece selain hidung usopp), daun telinga panjang berantingkan emas. Bertelanjang dada memamerkan otot2 yang kekar( Terus terang saja, kalau membaca one piece kadang aku iri ingin punya otot perut sekeren itu, walaupun kenyataannya yang ada malah lipatan perut gegara buncit,hahaha). Gelang tangan dan kaki,cincin,tongkat emas sebagai penghias juga celana yang cukup aneh,bulat dengan pola sederhana. Dalam bayanganku, enel kalau di versikan dalam dunia pewayangan jawa maka dia akan cocok menjadi batara guru,hehehe…
Enel Epic Face

Bagaimanakah dengan kekuatan enel???
Inilah yang jadi polemik berkepanjangan dari dulu sampai sekarang diantara para fans one piece. Mau yang sepuh,newbie atau fans karbitan selalu saja ribut jika sudah membahas tentang kekuatan enel ini. Apalagi kalau sudah di bumbui enel vs kizaru,enel vs akainu,enel vs fulan bin fulin,enel vs … 3gp dll…kalau di medsos macam facebook, debat permasalahan ini bakal berekor panjang dengan ratusan komentar dan seringnya, berakhir ricuh atau dihapus admin.hehehe….dan sebagai salah satu fans enel dari dulu,aku sendiri sering terseret masuk perdebatan ini demi membela chara favorit,hahaha.
Banyak yang berkomentar bahwa tanpa buah iblisnya enel hanyalah orang lemah dan bodoh. Sebenarnya, agak malas juga mengomentari ini karena dasar argumennya adalah sesuatu yang tak pernah ada dan dijelaskan di manga serta inipun hanya dasar angan2 belaka. Benarkah enel itu dasarnya lemah dan bodoh?saatnya menjelaskan panjang lebar…
Enel lemah tanpa buah iblis??
Sebenarnya lemah disini bersifat subjektif buat sebagian orang. Tergantung masing2 pengertian dan ukuran lemah ini. Tapi berdasarkan apa yang sudah menjadi fakta di manga, enel tidaklah lemah. Dia kuat. Mari kita mundur ke belakang sejenak. Enel mampu mengendalikan kekuatan goro2 no mi sampai batas yang besar, mampu menghancurkan kampung halamannya dan mengubah dirinya jadi petir itu sendiri. Ingat kata2 law terhadap usopp di jembatan menuju green bit, bahwa dia tak ikut bertarung karena menyimpan kekuatan nya. Dan itu terbukti saat law dikalahkan dofla,dimana room yang dia buat mencapai batasnya. Pada kasus enel, enel mengeluarkan el thor,mamaragan,raigoh dan  ‘200 juta volt amaru’ setelah dihajar reject dan dihajar luffy berkali2(itupun seringkali sasaran luffy adalah perut dan dagu). Pada akhirnya enel dikalahkan dengan gomu2 no golden riffle. Itupun setelah beberapa saat, enel sadar kembali dan mengendalikan maxim menuju bulan. Ingat, maxim hanya bisa dijalankan dengan kekuatan enel. Menunjukkan bahwa setelah dihajar habis2an, dia masih mampu memakai kekuatan buah iblisnya yang tentunya memakai stamina. Dengan demikian, bisa kita katakan ENEL TIDAKLAH SELEMAH ITU, DIA MEMANG DARI SANANYA KUAT.
Bagaimana dengan penggunaan hakinya??
Fakta juga menunjukkan, enel beserta keempat pendeta dan aisa adalah orang2 yang secara terang2an ditunjukkan oda menggunakan haki. Dalam hal ini adalah haki kenbunshoku. Enel mengembangkan haki nya lebih lanjut, mengkombinasikannya dengan kekuatan DF menjadi semacam gelombang radio sehingga dia bisa mendengarkan suara orang2 dalam lingkup satu Negara! IMO ini adalah haki kenbun dengan cakupan paling luas yang ada di one piece universe sampai saat ini. Menunjukkan bahwa enel cukup piawai dalam mengeksplorasi kekuatan DF nya.
Benarkah enel lawan luffy yang bodoh??
Kalau ini jelas pertanyaan ngawur. Sangat ngawur kalau aku bilang. Enel tidaklah bodoh. Justru diantara chara antagonis yang pernah dilawan luffy, enel tergolong lawan yang cerdas meski bukanlah mastermind seperti doflamingo. Bagaimanapun, enel mempunyai kemampuan deduksi yang hebat. Dia dengan cepat mampu mengetahui kalau robin sedang mengelabuinya tentang lonceng emas. Bukan hanya itu, dengan berpedoman pada kata2 robin yang berbelit2, enel bisa mengetahui dengan tepat lokasi lonceng emas. Dia punya pemahaman yang baik tentang emas bahwa itu lebih berharga dari vearth, benda yang tak diketahui penduduk langit namun sangat berharga tinggi di blue sea. Enel mampu bertahan menghadapi pertarungan taktik dengan sanji. Dia mampu mengetahui kemampuan kapalnya dan strukturnya sehingga sekali mengetahui penyebab kapalnya macet,enel bisa dengan cepat memperbaiki maxim. Dalam pertarunganpun enel tetap memakai otaknya. Enel tak menggunakan petir saat tahu luffy tak terpengaruh dengan itu. Alih2 memakai petir sebagai serangan, enel mengalirkan listrik ke tongkatnya yang diubah jadi trisula sehingga menjadi panas. Enel pun dengan cepat tahu bahwa karet lemah terhadap benda tajam, menghindari konfrontasi langsung dengan luffy dan memilih menghancurkan luffy bersama pulau tempatnya berpijak.
Dengan begini, jelas sudah enel layak masuk dalam jajaran musuh terkuat dalam serial one piece. 500 juta berry untuk poster buruannya seaindainya enel jadi bajak laut di blue sea bukanlah angka main2, meskipun oda pernah bilang bahwa harga buronan bukanlah penentu utama seberapa kuatnya seorang bajak laut. Faktanya oda mengatakan dalam SBS bahwa enel itu memang kuat. Dan itulah kenyataan yang ada.
Walaupun begitu, tetap saja kita mesti objektif. Menyamakan kekuatan god enel dengan para monster seperti admiral dan shirohige bukanlah perbandingan yang layak. Mereka2 itu punya kemampuan mengendalikan DF dengan canggih,disamping fisik mereka memang sangat kuat. Itu belum ditambah penguasaan haki yang mereka miliki. Enel mungkin bisa one by one melawan admiral, tapi untuk sampai mengalahkan mereka,hmmm…pikir2 dulu deh…

1 comment:

Unknown said...

iya gan, haki kan ada 3 jenis, dan luffy sudah menguasai 3 jenis tersebut, tapi itu hanya setengah2.. maksudnya
1) enel memperlihatkan kenbunshoku level tinggi (max) dengan mampu mengetahui seluruh isi pulau, dan memprediksi pergerakan musuh selanjutnya..
2) tentara kuja memperlihatkan bushoshoku level tinggi (max) karena bisa mentransfer haki ke benda lain seperti panah kuja,, dan juga cracker yg bisa memberi bushoshoku kouka ke dalam armornya..
3) shanks memperlihatkan haki raja level tinggi (max) saat masuk ke kapal shirohige, deck kapalnya mulai bergetar dan remuk..
jadi meskipun ke3 haki yg telah dikuasai luffy namun belum mencapai level maximum,, mungkin dia perlu mengembangkannya lagi..

Review Manga One Piece Chapter 930 : Kota Ebisu

Chapter yang penuh intrik. Ada banyak hal tersirat yang bisa kita kupas di chapter ini. Yuk kita kupas