Labels

Tuesday, March 31, 2015

Review Film: Mumet Tho...??(MEMENTO)



 Director: Christhopher Nolan
Tahun rilis: 2000
Synopsis:
Seorang pria penderita short term-memories lost bernama leonard Shelby atau dikenal sebagai lenny(guy pearce) mencari pembunuh istrinya. Dalam penyelidikannya ini,doi dibantu seorang polisi bernama jonh Edward gammel(Joe Pantoliano) yang memperkenalkan dirinya sebagai teddy. Karena memori otaknya rusak, lenny hanya dapat mengingat kejadian terakhir saat istrinya dibunuh si perampok dan doi dipukul sehingga menderita kelainan ini. Sebagai akibatnya, lenny selalu mencatat petunjuk2 tentang si pembunuh di balik photo yang di jepretnya lewat kamera Polaroid, serta mentato petunjuk2 penting  di tubuhnya. Sementara itu, disisi lain ada wanita bernama  Natalie(carrie anie moss) yang ikut2an ngebantu doi mencari petunjuk pembunuh istrinya. Bisakah si pria pikun ini menemukan pembunuh istrinya tsb???

Review:
Tahu film memento? Ini adalah sebuah masterpiece karya sutradara favoritku,Christopher Nolan(director the prestige,interstellar,the dark knight trilogy,inception) yang dirilis 15 tahun lalu. Karya sutradara jenius di awal2 karirnya.  kalau melihat film ini,wajar banget Nolan sensei bisa dengan sukses mempermak batman yang dulu sempat terjun bebas di batman & robin(1997) menjadi salah satu trilogy film terbaik di dunia. Situs pe review top dunia,rotten tomatoes memberi rating 92% buat film ini,2 nominasi academmy awards disandang film ini,selain puluhan penghargaan lain di dunia yang berhasil diraihnya. Sebuah capaian dalam hal kualitas yang nyarisss sempurnahhh….
Satu kata buat film ini: MUMETT(PUSING)!!!!!
2 teman saya yang menonton memento bareng2 sudah minta mandeg di setengah jam pertama karena mereka merasa pusing(wakakakakak…kesian dah) dan minta diputerin film lain. Ya wajar sih, soalnya film ini menyesuaikan banget dengan keadaan si karakter pertama,ingatan jangka pendek! Menonton film ini,kita bisa merasa menjadi si tokoh utamanya. Sama2 jadi lupa! Mesti beberapa kali nonton nih film kalau mau paham. Itupun bakal banyak bermunculan penafsiran2 yang berlain2an.
Memento punya struktur film yang unik. Kalau film lain biasanya dari awal sampai akhir film yang jadi konklusi runtut alurnya(dengan diselingi beberapa flashback), karya Nolan ini justru menempatkan akhir cerita di awal film, awal cerita di tengah2 film, dan tengah2 cerita di akhir film alias film ini bergerak dari masa kini ke masa lalu di awal film menuju tengah2 film, lalu ditengah2 film, masa lalu yang jadi awal cerita ini bergerak menuju masa kini di akhir film. Nah lo…bingung kan???hahaha…jadi, biasanya kita yang nonton film selalu bertanya-tanya, “apa yang bakal terjadi selanjutny??” bakal berubah jadi “apa yang sudah terjadi sebelumnya???” jikalau menonton memento. Dan kalau tidak jeli, kita cuman bakal terbengong2 dari satu scene ke potongan scene yang lain tanpa memahami apa yang sudah terjadi,hehehe…
Kelebihan film ini:
1. Cerita dengan tema dan struktur yang anti-mainstream dan sangat kuat.
  1. acting mas guy yang bener2 mirip kayak orang pikun. Barisan bintang lainnya juga nggak kalah hebat aktingnya.
  2. twist film yang…awkahbdca kfg addjgfdashfa….!!!!!!!!
    :D
    nggak kalah sama film2 macam fight club nya brad pitt dah!
  3. semua kritikus film terkenal ngasih respon positif buat nih film
Kekurangan:
Nggak ada! Paling2 pusing sehabis nonton film ini pertama kali,hehehehe…
Akhirul kalam, memento memang film baheula yang udah lama di rilis. Tapi tak ada salahnya di waktu2 senggang kalau otak nggak capek, bolehlah film ini di tonton sambil makan mendoan dan minum teh poci dari slawi. Tapi kalau ngaku pecinta Nolan gegara the dark knight trilogy dan inception, film ini jangan sampe terlewatkan daaaahh…!!!!

No comments:

Review Manga One Piece Chapter 930 : Kota Ebisu

Chapter yang penuh intrik. Ada banyak hal tersirat yang bisa kita kupas di chapter ini. Yuk kita kupas