Labels

Monday, March 30, 2015

Analisis Marineford War (bagian 4)

Memasuki bagian ke empat..aku rasa aku harus mengakhiri ulasan panjang ini,hahaha…mungkin bila ada kekurangan di artikel2 lalu aku akan memperbaikinya. Namun untuk kali ini, aku mencukupkan diri sampai disini dulu.
Kematian ace
Baiklah, sampai mana pembahasan kita? Di artikel yang lalu aku mengulas tentang kekuatan lain dari seorang monkey D luffy berupa ‘mudah menjadikan orang lain teman’-dianggap mihawk sebagai kekuatan paling mengerikan di dunia, lebih dari kekuatan senjata atau jurus. Akan kutambahkan sedikit bahwa kekuatan ini dimiliki pula oleh gol D roger, dan sedikit ditemui pada portgas D ace! Baik
roger,ace dan luffy sama2 orang yang easy going dan mudah mendapatkan teman dari kalangan siapa saja. Roger, walaupun kerapkali hampir saling bunuh dengan garp tetap saja garp menghormatinya, bahkan mau mengasuh anak roger. Tom,crocus,gan fall,bahkan shirohige adalah diantara sekian banyak orang yang jadi teman roger dan diantara mereka punya hubungan yang sangat erat. Ace, kita bisa tahu kualitas orang ini dari betapa kehilangannya kru roger dan aliansi atas kehilangannya. Bahkan buggy, si brengsek itu(hahaha)menganggapnya orang baik dan lebih tahu tata krama dibanding luffy. Sedangkan luffy,kita tahu mengapa dia bisa menarik orang2 untuk berpihak padanya,hehehe…
Dengan kemampuan seperti itu, setelah shirohige sendiri mempercayakan masa depan padanya dan kru shirohige dan aliansi melindunginya, luffy berhasil membebaskan ace dengan lolos dari sergapan sengoku dan mengalahkan kakeknya sendiri, monkey D garp. Adegan pembebasan ace benar2 klimaks sempurna yang oda hadirkan di marineford war ini. Aku benar2 menangis saat membaca bagian ini seperti tangisannya ivankov!aku nggak bohong! Merasakan bagaimana perjuangan luffy menyelamatkan kakaknya sejak dari impel down sampai marineford benar2 mengharukan. Dia nyaris tewas  dan Bahkan di impel down luffy harus kehilangan salah satu teman berharganya yang baru bertemu, mr. 2 bon clay alias bentham. Menempuh puncak peperangan dengan cedera sana-sini dihajar laksamana madya dan admiral, bertarung melawan kakeknya sendiri, bahkan sampai2 tak mampu berdiri lagi dan harus merelakan waktu hidupnya karena harus di suntik tension hormone lagi. Dan di akhir saat dia berhasil menyelamatkan ace, aku benar2 sangat terharu. Perasaan ini hampir2 tak bisa aku temukan bahkan di manga one piece sendiri kecuali saat pembebasan robin(bahkan ini juga tak bisa dibandingkan dengan kisah penyelamatan ace oleh luffy). Perasaan luffy yang memiliki hanya satu2nya saudara di dunia(sabo saat itu belum muncul di cerita) dan kekeraskepalaannya menyelamatkan saudaranya tsb benar2 berhasil tersampaikan padaku, salah satu pembaca karya oda ini!!!begitu banyak pengorbanan, darah dan air mata yang tertumpah untuk sebuah klimaks dari penyelamatan ace!
Segera setelah ace dibebaskan,shirohige memerintahkan semua kru dan aliansinya untuk melarikan diri dari marineford karena tujuan mereka sudah tercapai. Shirohige sendiri akan tinggal dan menghadapi marine seorang diri. Ini artinya adalah pembubaran bajak laut shirohige, karena shirohige samasekali tidak menunjuk penggantinya(atau sebenarnya sudah, tapi kita belum dapat informasinya?). akainu menggunakan itu untuk kembali memprovokasi dengan mengeluarkan ejekan kepada shirohige. Ace yang terpancing, dalam kemarahan tanpa perhitungan siapa lawannya saling adu hantam dengan akainu dan ace kalah. Dalam pada itu, akainu menyerang luffy dan terjadilah sesuatu yang jadi gebrakan oda, melanggar hal tabu yang selama ini diyakini fans: oda tak akan membunuh karakter2 utamanya(selain pada flashback)!!
14-1511
Ace mati!ace mati setelah beberapa kata terakhirnya terucap. Pada intinya dia bersyukur dicintai oleh keluarganya saat ini(shirohige pirates+aliansi,luffy,garp,dadan,makino dll). Ucapan terimakasih terakhirnya sambil menangis menunjukkan betapa dalam rasa syukurnya. Bahkan sebelum dilahirkan dia sudah diburu seluruh dunia!dan setelah lahir saat dia mempertanyakan arti kehadirannya di dunia yang ditolak karena dia dialiri darah seorang iblis. Karena itulah dari sejak kecil ace jadi seorang pemurung. Kehadiran luffy dan sabo perlahan2 mengikis hal ini,apalagi dengan bergabungnya dia ke bajak laut shirohige. Bisa dilihat perbedaan mencolok ace kecil dengan ace masa kini?? Ace masa kecil sangat pemurung,pemarah dan tak punya tatakrama. Lalu lihatlah bagaimana ceria dan sopan santunnya dia beberapa tahun kemudian!bahkan kru luffy sendiri tak percaya kalau ace yang se sopan itu adalah kakak dari kapten mereka sendiri,wkwkwkwk..aku merasakan sekali perbedaan ini setelah membaca flashback ace dan luffy di jilid 59 dan 60. Sebagian memang hasil didikan makino juga sih,hehehe. Tapi luffy yang notabene lebih lama bersama makino malah tak bisa lebih beradab daripada kakaknya.hehehe…
Kemudian meninggal lah portgas D ace. Momen luar biasa lain dari perang marineford war arc. Luffy disini amat sangat terpukul. Aku tahu perasaanmu luffy!setelah susah payahnya dia menyelamatkan kakaknya mulai dari impel down, luffy menyaksikan sendiri kakaknya mati sesaat setelah dia dibebaskan! Rasa lelah,cedera, dan kesedihan menyebabkan luffy sampai tak sadarkan diri, dan menurut jinbei hal tsb adalah reaksi alam bawah sadar untuk melindungi dirinya sendiri.
Reaksi dunia begitu hebat. Dari kru shirohige sendiri mereka amat sangat sedih. Garp, berniat menghabisi akainu tetapi ditahan sengoku. Hal ini mendapat tempat sendiri di kalangan fans. Perdebatan apakah kalau garp tak ditahan sengoku mampu membunuh akainu sering terjadi dikalangan fans. Aku sendiri, meskipun punya pendapat sendiri tak mau ikut2an dalam perdebatan semacam itu,hahaha..
Tak ada waktu berduka dalam perang. Hal ini kelihatan sekali dalam marineford war. Meskipun ace mati, bajak laut shirohige tetap tidak berpaling dari musuh2nya. Saat giliran luffy yang dijadikan sasaran, mereka kompak melindunginya,menggantikan ace yang melindungi luffy. Sekilas marco dan vista menyerang akainu dengan haki, yang ternyata tidak mempan. Tinju dua kali shirohige menghantam akainu dengan telak,sekaligus menghancurkan markas besar angkatan laut. Akainu muntah darah dan terluka cukup parah, tapi sempat menghancurkan setengah wajah shirohige. Ada jurang cukup lebar antara kekuatan admiral dengan seorang yonkou,tentu saja. Shirohige yang wajahnya tinggal setengah masih sanggup membelah pulau marineford jadi dua, memisahkan dirinya dan angkatan laut  dengan kru nya agar bisa melarikan diri. Selanjutnya,shirohige mengamuk memorak-porandakan angkatan laut sendirian.
Disaat itulah, datang kejutan lain dari perang ini. Kurohige muncul di arena perang dengan membawa tahanan level 6 yang dikenal sebagai penjahat paling jahanam sedunia dan sipir impel down sang deserter,shiryu si hujan. Dari pengakuannya sendiri kurohige sudah merencanakan ini sejak lama. Aku tidak tahu apakah rencana ini datang setelah kejatuhan crocodile atau dari sejak kurohige masih berada di kapal shirohige. Hanya saja, tindakan merusak negara2 yang kurohige lakukan masih bagian dari rencanaya ini. Mungkin dengan tindakan ini, pemerintah yang melihat betapa berbahayanya kurohige akan menawarinya status sichibukai juga, sama yang mereka lakukan terhadap ace dan boa hancock.
Kata-kata mengguncang dari shirohige
Shirohige mengamuk, mengarahkan kemarahannya pada teach. Teach yang merasa jumawa dengan kekuatan buah iblisnya sambil mengejek shirohige dia meremehkan mantan ayahnya tsb. Ini berakibat fatal saat kekuatan teach bisa ditahan shirohige dan terhantamlah teach oleh gura2 no mi. shirohige yang sudah kepayahan akhirnya diserbu secara tak jantan oleh semua kru kurohige…di iringi tangisan anak buahnya, shirohige mengenang percakapannya dahulu dengan roger…
Aku sangat penasaran dengan detail percakapan mereka ini. Disitu ada beberapa hal yang mungkin jadi kunci rahasia one piece sendiri. Cara pergi ke raftel dan rahasia nama D. shirohige tak tertarik hal pertama dan justru bertanya arti sebenarnya dari inisia l D pada roger. Disinilah percakapan tsb terputus(aseeeemmmm….).
“kau sama sekali bukan lelaki yang ditunggu roger..”
“sama dengan orang2 yang mewariskan tekad roger..suatu saat pun akan muncul orang yang mewarisi tekad ace. Meskipun garis keturunannya(roger) terputus,namun bara apinya takkan padam..”
“DENGAN BEGITU,DARI ZAMAN DAHULU KALA,HAL ITU AKAN TERUS DIWARISI!”
Dari percakapan dengan roger dimasa lalu,shirohiget pasti sudah tahu mengenai apa yang terjadi di masa abad kekosongan. Shirohige memang hanya ingin sebuah keluarga, namun aku yakin sekali perkataan roger tsb sangat memengaruhi shirohige. Shirohige memang tak berbuat banyak berdasarkan fakta tsb, TAPI begitu dia tahu bahwa ace adalah anak roger, tujuannya bergeser. Dia berniat menjadikan ace penerus roger!aku yakin sekali berdasarkan apa yang dikatakan sengoku, dan kata2 terakhir shirohige. Wajar sekali, sebab shirohige termasuk orang yang percaya dengan tekad D,selain dr. kureha dan crocus,bahkan nico robin. Hal mana juga dikatakan bahwa shirohige lah satu2nya bajak laut yang paling dekat dengan one piece. Ya tentu saja!shirohige mengincar itu juga! Bukan untuk dirinya sendiri,tapi untuk ace. Karena itulah, saat ace bersikeras mengejar teach shirohige keberatan,bahkan berfirasat buruk.
Tekad D ternyata diwariskan!tentu saja, diantara hal tsb ditorehkan dalam bentuk poneglyph. Dan beberapa diwariskan dalam cara lain.itu terjadi sejak ratusan tahun lalu. Roger melakukan dengan caranya sendiri. Menciptakan era bajak laut! Cara yang sangat cerdik, menyeret ribuan orang ke laut untuk memunculkan orang yang kelak mewarisi tekadnya. Aku tak tahu alasan sebenarnya dari roger menyudahi dirinya sendiri dari usaha ‘menanggung beban sejarah dunia’, kelanjutan dari setelah dia sampai di raftel dan mengetahui sejarah abad kekosongan. Roger berkata ke Rayleigh(dalam volume 52) bahwa ‘perjalanan mereka sudah berakhir’. Apa roger memang tidak sanggup, atau kondisi dunia yang belum siap hingga dia membangkitkan era bajak laut?(disaat yang sama ilmuwan ohara sedang melakukan ekspedisi mencari poneglyph untuk menguak rahasia dunia). Sepertinya begitu, karena dalam kondisi dunia yang seperti itu, perang yang dimaksud shirohige tak akan pernah bisa meletus. Sedangkan, penolakan roger dengan tawaran kerjasama kinjishiki mengenai senjata kuno ditolak mentah2 roger. Ini wajar, karena shiki hanya menginginkan menguasai lautan, bertolak belakang dengan keinginan roger sendiri.
Aku jadi teringat kata2 law sesaat setelah membelah vergo dan pulau punk hazard jadi dua:
"Sudah 2 tahun berlalu setelah perang.Sebenarnya siapa yang benar2 telah melakukan pergerakan? Kalian hanya menjaga perdamaian...”
“Shirohige hanya mengakhiri sebuah jaman... “
“Marinir memang telah menyiapkan kekuatan tempur baru, tapi mereka tidak menentang siapapun, seolah-olah mereka bersiap akan sesuatu... Perang tersebut hanyalah pembukaan... Kau selalu mengatakan bersamaan dengan ombak yang tak terhentikan... Era baru orang-orang yang terhebat akan tiba... Aku telah merusak gearnya... dan tak seorangpun yang akan bisa memutarnya kembali"
Generasi terburuk semacam law dan luffy lah yang saat ini sedang merintis kea rah kondisi dimana dunia menjadi kacau, dan  mempersiapkannya untuk perang besar yang akan datang! Apalagi setelah kita tahu bahwa law juga salah seorang dari marga D! kurohige memang sudah memulainya, dan pergerakan mereka disaat ini salah satunya adalah mengincar buah2 iblis yang terkuat serta(yang belum pasti) merekrut orang2 kuat semacam aokiji. Kurohige sedang membangun kekuatannya sendiri! Kondisi yang berusaha dibangun roger lewat zaman bajak laut, ternyata berusaha diredam oleh pemerintah dan angkatan laut, hingga salah satunya mereka menghancurkan bajak laut lewat tangan bajak laut lain yang dijuluki sichibukai. Kondisi dunia kembali berangsur2 normal, ditambah para yonkou pun masih adem ayem menjaga wilayahnya masing2. Tatanan ini lah yang hendak dirusak oleh law,meskipun aku yakin law tak tahu sepak terjangnya ini bentuk lain dari persiapan untuk perang besar yang akan diramalkan shirohige itu.
One_Piece_576_14-15
“kemudian, dimasa depan suatu hari nanti akan muncul seseorang yang akan memikul semua SEJARAH RATUSAN TAHUN ITU, DAN BERTARUNG UNTUK DUNIA INI!!”
“sengoku…kalian para pemerintah dunia..suatu hari akan tiba..perang besar yang kalian takutkan itu..yang melibatkan seluruh dunia!!!aku samasekali tak tertarik, tapi…ketika seseorang MENEMUKAN HARTA ITU..DUNIA PUN AKAN GEMPAR!!! Hari dimana HARTA  KARUN ITU DITEMUKAN..pasti akan tiba,PERCAYALAH!!!”
“ONE PIECE…BENAR-BENAR ADA!!!!”   
Kata2 yang sangat menggetarkan..sangat hebat!!!ini adalah clue yang sedang ditebar oda untuk  kita, para pembaca membuka tabir yang menyelimuti sebuah misteri besar bernama ONE PIECE. Yapz,shirohige sudah tahu apa yang terjadi di abad kekosongan..dan dia sedang meramalkan seorang luffy! Perang yang terjadi nanti,ternyata hal tsb demi untuk dunia. Apa teka teki yang dimaksud oda ini??apa dunia setelah abad kekosongan dalam keadaan yang mengharuskan untuk diselamatkan??apa kah pemerintah dunia dalam hal ini adalah iblis yang sesungguhnya? Kita memang tahu beberapa kejahatan dilakukan oleh pemerintah, seperti genosida terhadap ohara, pembiaran kesewenag2an tenryuubito,sampai menutup mata dengan adanya perbudakan manusia. Tapi aku rasa itu bukanlah keadaan yang memadai yang cukup jadi alasan untuk mengobarkan perang berskala global nanti.
Luffy dan ace ditemukan oleh dua orang yonkou. Shirohige menemukan bahwa ace lah putra roger dan berharap ace lah yang mewarisi tekad roger tsb. Adapun shanks, dia menemukan bahwa seorang monkey D luffy sangat mirip dengan kaptennya,gol D roger. Mulai dari situlah shanks menaruh harapan luffy lah yang akan mewarisi tekad kaptennya dulu! Shanks bahkan mengorbankan salah satu lengannya  dan menitipkan topi jerami milik kaptennya demi mempersiapkan generasi zaman baru ini!!!
Perang besar…PERANG BESAR!!!!perang yang ditakutkan sengoku dan pemerintah..perang yang menurut oda akan membuat marineford war arc bagai kisah filler!melibatkan seluruh dunia! Dari kata2 shirohige, bahkan sengoku dan pemerintah dunia tahu bahwa apabila mereka membiarkan zaman bajak laut ini merajalela hingga one piece ditemukan, maka perang besar akan terjadi sebagai konsekuensinya. Itulah sebabnya mereka berusaha sekali memadamkan era bajak laut ini, hingga menempuh cara2 kotor lewat pencarian blueprint pluton di waterseven! Eksekusi ace adalah salah satu usaha mereka melenyapkan orang yang mungkin menduduki tahta tsb,raja bajak laut.
one piece sesuatu berupa harta karun!shirohige telah mengatakannya! Hanya saja,definisi harta karun itu benar2 subjektif. Shirohige menganggap keluarga adalah harta karun,buggy emas dan berlian,gaimon hewan2 aneh temannya dan  luffy malah topi jeraminya. Tapi disini shirohige menggunakan kaidah umum yang dipahami orang2 mengenai harta. Jadi, aku menganggap bahwa one piece itu memang benar2  terdiri dari,diantaranya harta karun, dalam definisi sebenar2nya! Tapi tentu saja, itu sebagian saja dari apa yang  disebut one piece. Bentuk utuhnya seperti apa, ini yang kira2 masih gelap bagiku,hehehe…
dan inilah kata2 pamungkas shirohige.. ‘ONE PIECE BENAR-BENAR ADA!!!’
kata2 ini dikumandangkan shirohige, dan gaungnya menyebar ke seluruh dunia. Shirohige bahkan  meminta orang2 untuk percaya bahwa harta itu akan ditemukan! Serentak, tidak lama setelah marineford war bermunculanlah bajak laut2 baru. Era bajak laut kedua sudah dimulai dengan sangat epic oleh shirohige!!!
Kemudian gugurlah shirohige Edward newgate, bajak laut terkuat yang mampu menyaingi roger di lautan. Cara kematiannya yang diadopsi dari kematian benkei musashibo sangat lah keren! Tegak berdiri menantang musuhnya tanpa luka sedikitpun di punggung yang mencederai lambang harga dirinya! Kematiannya meninggalkan duka mendalam bagi kru dan aliansinya, bahkan bagi rival seperti silvers Rayleigh. Teach berhasil mencuri kekuatan gempa shirohige dan menebarkan terror baru. Dia bahkan berniat menenggelamkan marineford.
2867407-16_17
Akhir perang dan pengaruhnya
Perang masih berlanjut, kini focus marine terpecah jadi dua, mengejar sisa2 bajak laut shirohige dan menghadapi kurohige. Akainu sendiri tetap pada tujuannya membunuh luffy. Beberapa kali dia kena hambatan, bahkan dari crocodile sekalipun.
Keadaan sangat genting bagi luffy dan juga bajak laut shirohige. Bagi sisa2 bajak laut shirohige, mereka sudah tak berhasrat berperang kembali setelah kematian shirohige dan karena juga wasiat terakhir sang kapten, bahwa mereka harus menyelamatkan diri. Disinilah chaos yang terjadi. Dari pihak marine pun, mulai bermunculan rasa tidak puas dengan pergerakan marine yang masih haus darah tsb. Meskipun telah menang, mereka masih belum puas bahkan walau itu mengharuskan mereka meninggalkan rekan  yang terluka di pertempuran. Hal tsb benar2 mengganggu idealisme orang2 semacam smoker dan tashigi. Coby yang tak tahan dengan itu semua, bergerak menuju akainu dan berteriak memohon agar perang dihentikan!!! Akainu yang tak senang dengan itu, bermaksud membunuh coby dan akhirnya…serangan akainu ditahan shanks!shanks telah tiba disitu!!!!
Shanks tiba di marineford dengan maksud menghentikan perang. Sesuatu yang menurut sebagian fans terlihat konyol. Apa urusannya shanks yang seorang bajak laut menghentikan perang yang bukan urusannya?agak disayangkan ada pertanyaan seperti itu. Aku sudah menjawanya sebagian disini.
225793-17_super
Dengan wibawa yang ada pada seorang shanks, semua menghentikan peperangan besar ini. Berakhirlah perang terbesar yang ada di dunia manga shonen(untuk saat ini). Pengaruhnya sangat terasa bagi jalan cerita one piece sendiri. Keputusan oda membunuh dua chara terkenal dan sangat penting ini benar2 brilian. Setelah perang besar ini, zaman kedua era bajak laut dimulai, angkatan laut pun melakukan regenerasi di susunan anggotanya,dengan mundurnya garp dan sengoku serta majunya akainu sebagai fleet admiral baru menggantikan sengoku. Di pihak shirohige sendiri, wilayah kekuasaan mereka sedikit demi sedikit dikuasai oleh kurohige dan sebagian jadi wilayah yonkou lain seperti misalnya fishman island. Dan terutama bagi character utama, monkey D luffy. Perang tsb member satu kehilangan yang sangat besar dan menumbuhkan sedikit kedewasaan pada luffy.
Inilah perang terbesar yang pernah dibuat di dunia manga shounen. Marineford arc tetap jadi salah satu arc favoritku di dalam manga one piece bahkan manga2 yang pernah aku baca. Tentu saja, penghargaan sesungguhnya ada pada eiichiro oda sendiri,sebagai pembuat manga spektakuler ini!

No comments:

Review Manga One Piece Chapter 930 : Kota Ebisu

Chapter yang penuh intrik. Ada banyak hal tersirat yang bisa kita kupas di chapter ini. Yuk kita kupas