Labels

Saturday, March 10, 2018

Kirana, Mahakarya dari Dewa 19



Manakah album Dewa 19 terbaik??Pandawa Lima. Manakah lagu Dewa 19 terbaik??Kirana.

Ya, itulah jawaban saya jika suatu saat dapat todongan pertanyaan semacam itu dari baladewa(Siapalah saya, memangnya saya Ahmad Dhani?hehehe). orang bilang mungkin karya terbaik Dewa 19 itu adalah terbaik-terbaik yang rilis 1995 lalu atau bintang lima(2000), bahkan rolling stone indonesia menempatkan kedua album tersebut dijajaran album musik terbaik di indonesia tidak demikian dengan yang terjadi pada pandawa Lima. Tapi bagi saya pribadi, Pandawa Lima spesial lagu kirana adalah karya terbaiknya Dewa 19 sampai kapanpun. Satu puncak dari proses panjang  kreatif Dewa 19 yang tertinggi, dimana seluruh lagunya sangat ‘mewah’ dan gak ada yang recehan, semuanya unik!


Nah, untuk lagu kirana sendiri saya benar-benar takjub dengan otak dua orang(Erwin dan Dhani) yang menciptakan lagu ini. Kirana adalah lagu yang sempurna dilihat dari berbagai sisi. Dari lirik dia mempunyai makna dalam dan rima yang sangat indah. Dari musik banyak sekali eksperimen masing-masing personel yang dijejalkan ke lagu ini, dari sisi komersial lagu ini pun sukses jadi hits! Kurang apalagi coba!

Musik Review:
Lagu luar biasa ini dibuat dalam proses selama 2.5 tahun dari awal sampai akhirnya komplit, lamanya waktu pembuatan lagu ini sepadan dengan hasil yang dicapai lagu ini, dan kirana adalah hasil karya dua orang musisi jenius Erwin Prasetyo dan Dhani Ahmad. Menurut Aksan mantan Drummer Dewa 19 era pandawa lima, kirana Awalnya hanya nada-nada genjrengan gitar acak dari Erwin yang secara intuisi seorang musisi dari Dhani bahwa nada-nada tersebut bakal bisa jadi hits. Mulai dari situ Dhani dikit demi dikit mulai membuat lirik yang pas dan itu butuh waktu sampai dua tahun untuk mendapatkan lirik yang sekarang sampai pada pendengarnya.
Lagu ini jadi ajang eksperimen musik gila-gilaan para personil Dewa 19. Andra Ramdhan(gitar) misalnya, menggunakan multi effect eventide H 300 yang berhasil membuat riak unik pada Kirana yang aslinya berirama datar dan monoton itu(bahkan lagu ini tanpa reff!). Bahkan demi mendapatkan sound unik pada interlude Andra harus menghabiskan waktu sekitar 7 jam! Aksan pun tidak mau kalah. Doi melepas snare drumnya sehingga menghasilkan sound yang aneh. Perhatikan ketukan drum aksan pada lagu ini!

Suara ari Lasso pada lagu ini cenderung  berat dan bulat. Sangat beda karakter dengan tiga album Dewa 19 sebelumnya dimana suara ari lasso tinggi melengking dan jernih. Mungkin juga karena pengaruh narkoba yang sudah parah menimpanya atau memang kebutuhan album ini. Tapi pada kirana Ari Lasso harus take ulang vokal karena vokalnya dianggap kerendahan.  Backing vokal Dhani di bagian Coda menambah kesan ‘mistis’  lagu ini.

Lirik
Pada saat saya masih anak bawang, mendengarkan lagu ini kesan yang saya tangkap adalah lagu ini bercerita tentang seseorang yang menginginkan cinta dari seorang wanita bernama kirana,hahaha. Ternyata interpretasi asal-asalan saya berubah saat saya akhirnya mencapai usia dewasa dan pemahaman saya bertambah. Ini adalah lagu tentang seseorang  yang kekurangan kasih sayang dan meratap karena salah dalam memilih tempat pelarian! Kasih sayang dalm hal ini adalah kasih sayang keluarga, kasih sayang orang tua. Perhatikan penggalan ‘hadir di muka bumi tak tersaji indah’ menggambarkan betapa malang kehidupan orang ini dari sejak dia kecil,sehingga dia bertanya penuh harap  “ayah bunda tercinta, satu yang tersisa. Mengapa kau tiupkan nafasku ke dunia? Hidup tak kusesali mungkin kutangisi. Kuingin rasakan cinta..”

Pilihan kata yang dipakai Dhani luar biasa indah namun mengisyaratkan kekelaman. Bagian yang menurut saya paling indah dibalik kemurungan yang sangat  adalah lirik “lusuh lalu tercipta, mendekap diriku. Hanya usung sahaja, kudamba kirana. Ratapan mulai usang, nur yang kumohon..”. penggambaran desperate nya sangat dalam tanpa pemakaian kata-kata standar yang dangkal. Ditambah penjiwaannya ari lasso di lagu ini(menurut saya sendiri selain satu sisi, kirana adalah lagu yang pas buat curhatnya ari lasso disaat masih terjebak dalam lembah hitam narkoba).

Hubungan antara Video Klip dan lagu
Elemen pendukung lagu ini sehingga menjadi lagu yang betul-betul sempurna adalah lewat media presentasinya, video klip musik. Dan kirana salah satu dari sedikit lagu yang berhasil sangat baik digambarkan dalam bentuk gambar bergerak. Otak dibalik video klip ini adalah Rizal Mantovani,sutradara film jelangkung yang filmnya sangat  heboh itu. Video Klip ini memenangkan penghargaan sebagai video klip terfavorit.

Kirana versi vidklip dimulai dari setting kahyangan dimana sang kirana yang diperankan model bernama Davina diturunkan kedunia(Bagian epilog yang diisi suara gamelan ini keren banget, menyatu sangat dengan musik kirana dibagian selanjutnya). Kirana yang turun kedunia malah tiba di sebuah tempat dugem, dimana berjejal hal-hal tabu dan negatif disana(free sex,lesbian dan narkoba).  Dan seolah para pendosa di klub malam itu adalah ‘aku’ yang digambarkan di lirik lagu kirana. Seolah sebagai jawaban atas panggilan para pendosa ini, Kirana menarik panahnya, dan menyembuhkan semua orang yang ada di dalam klub malam itu.

Itulah Kirana, dengan segala keunikan yang disandangnya. Musik Luar Biasa+Lirik berkelas dan jenius+Video Klip yang sempurna dan menyabet berbagai penghargaan. Sebuah Mahakarya dari Dewa 19, grup musik legenda yang kini tinggal jadi band nostalgia.


Berikut Bonus Video Klipnya :

No comments:

Review Manga One Piece Chapter 930 : Kota Ebisu

Chapter yang penuh intrik. Ada banyak hal tersirat yang bisa kita kupas di chapter ini. Yuk kita kupas