Labels

Friday, March 27, 2015

Analisis Marineford War (bagian 2)

18-19Preambule:
Perang yang akan terjadi di marineford itu sekilas disebut doflamingo dalam percakapannya dengan disco di chapter 504(bajak laut terdepan mulai bergerak!) volume 52. Sedangkan berita resmi pemicu perang besar tsb, rencana eksekusi mati portgas D ace disebarkan lewat surat kabar tak lama sesudahnya. Luffy mengetahuinya 3 hari kemudian di amazon lily dari percakapannya dengan nenek nyon, dan bertekad membebaskan ace yang saat itu ditahan di penjara terkuat dunia, impel down. Dengan bantuan hancock satu2nya sichibukai wanita, luffy menerobos impel down meskipun gagal membebaskan ace yang keburu dibawa menuju markas besar angkatan laut di pulau marineford.


Seperti dijelaskan nenek nyon, luffy hanya akan jadi semut kecil yang terjun masuk ke dalam inti badai. Jelas saja, disana luffy benar2 babak belur menghadapi orang2 kuat marine seperti trio admiral, sichibukai, dan para laksamana madya angkatan laut. Dia sudah hampir mati saat berada di impel down dan kini luffy bertarung habis2an demi membebaskan saudaranya itu di marineford.
 Di forum2 manga dunia maya seperti kaskus,Perang besar marineford banyak sekali mendapat predikat ‘perang terbaik’, bahkan pula ‘arc terbaik’ di one piece. Mereka kadang2 membanding2kannya dengan arc enies lobby, yang padahal masih berbeda dalam luas lingkup dan pengaruhnya bagi jalan cerita one piece. Dan tentu saja, marineford war saat itu dibanding2kan dengan perang dunia ninja ke IV nya naruto karena memang keduanya terjadi di waktu hampir bersamaan. Dan di artikel sebelumnya aku sempat menyinggungnya sebentar. Dalam artikel ini akan kusinggung kembali nanti dalam porsi yang sedikit lebih besar,hehehe…
 Dalam menganalisa marineford war arc, acuanku adalah perang2 besar di film kolosal seperti helm’s deep war dan minas tirith war nya film dan novel kesukaanku ‘THE LORD OF THE RING’, perang perebutan jerussalem antara sultan salahuddin al ayubi dan balian of ibelin dari film ‘KINGDOM OF HEAVEN’ nya ridley scot dan film2 kolosal lain yang menurutku pribadi, film2 tersebut sukses menghadirkan sebuah perang besar yang epic. Nah, bagiku sendiri membaca marineford war arc nya oda sensei mampu mengingatkanku dengan sensasi yang kurasakan saat menonton film2 tsb. Yups, oda sensei sukses membuat sebuah perang besar kolosal versi manga genre shonen mingguan dengan 17-18 halaman per chapternya!
 Sebelum perang besar ini terjadi, sebuah SUPER TWIST oda berikan kepada pembaca.
“jangan bilang  kau tak tahu…
“KALAU KAU ADALAH ANAK DARI SI RAJA BAJAK LAUT, GOL D ROGER!!!!”
Supeerrr…! Kata2 sengoku benar2 mengguncang dunia one piece saat itu dan para fans!hahaha…coba siapa dari fans yang menebak hal ini??samasekali oda tidak memberikan clue(atau sebenarnya ada,hanya kita yang kurang jeli?). ace hanya ‘sedikit’ menyinggung tentang ayahnya di impel down saat garp mengunjunginya bahwa ayahnya  ‘adalah orang tua tak berguna dan aku tidak merasa punya hutang padanya’. Sayangnya sepanjang cerita berjalan oda sudah menggiring kita bahwa ace adalah kakak luffy dan sekaligus anak dragon! Apalagi ace mengatakan, “aku dan luffy sama2 punya darah penjahat terburuk di dunia…” tentu saja pikiran kita akan menuju pada dragon, toh dia memang punya reputasi seperti itu! Siapa yang mengira kalau roger juga punya reputasi yang sama dengan  dragon???tapi,menarik juga seandainya bukan roger melainkan dragon yang jadi bapaknya ace. Perang di marineford bisa jadi melibatkan pasukan revolusi juga. Dragon, selain karena alasan kasih sayang pasti memanfaatkan kesempatan besar ini buat menghantam langsung kekuatan besar dunia,angkatan laut! Dengan adanya shirohige dan revolutioner army di marineford arc pasti perang yang terjadi jauh lebih hebat lagi, tapi sayangnya itu cuman pengandaian saja,hehehe….
 Sesaat setelah pengumuman tsb,datang 43 kapal armada aliansi shirohige. Semuanya punya reputasi di new world dan mereka orang2 kuat. Kemudian setelah itu, muncullah armada bajak laut shirohige tepat di depan hidung angkatan laut, ditengah2 teluk dengan siasat yang cerdas menggunakan pelapis!
 Perang besar ini diawali dengan sesuatu yang besar dan diakhiri dengan sesuatu yang besar pula. Pembukaannya adalah dua tsunami raksasa dan akhir perang ditandai dengan kedatangan yonkou lain..yonkou shanks si rambut merah! Peristiwa besar punya awal dan akhir yang besar pula. Memang ada beberapa suara yang agaknya kecewa bahwa perang ini diakhiri dengan sesuatu yang dirasa cukup aneh. Apa kepentingannya shanks menghentikan perang tsb sampai2 dia mesti berkonfrontasi dulu dengan kaido, yonkou yang lain??
Bagaimanapun, sulit rasanya membayangkan akhir perang ini tanpa kehadiran shanks. Coby ,luffy, dan law pasti saat itu sudah mati dan bajak laut shirohige musnah dilahap angkatan laut saat itu. Atau malahan marineford sendiri sudah tidak ada karena kurohige berniat menenggelamkan marineford. Saat semua jadi gila dan tak terkendali,diperlukan satu kekuatan besar yang bisa meredam itu semua dan shanks yang seorang yonkou punya kemampuan itu. Kedatangannya sedari awal memang untuk mengakhiri perang dan tantangannya ‘melayani semua yang masih ingin bertarung’ tentu membuat semua marine  yang mendengar bergidik. Bagaimanapun mereka sudah kelelahan setelah tadi melawan satu yonkou dan untuk berhadapan dengan yonkou lainnya yang masih dalam kondisi kekuatan penuh sementara mereka masih harus berperang melawan sisa pasukan shirohige dan kurohige, tentu mereka enggan. Hanya admiral kizaru dan aokiji yang masih kelihatan menyerang luffy, itupun mereka langsung memakai serangan pamungkas dan berhenti. Sedangkan akainu sendiri,meskipun menampakkan wajah dongkol luar biasa tak dapat berbuat apa2 karena dihadapannya ada shanks. Shanks sempat menantang teach, namun teach tahu diri. Untuk saat ini meladeni shanks si rambut merah hanya satu perbuatan sia2. Sedangkan bagi sisa2 bajak laut shirohige dan aliansi yang sudah tak punya niat berperang, hal ini bisa membuat mereka bernapas lega.
 Jalannya perang sendiri mempunyai lika liku yang menarik. Marineford war arc bisa dibilang perang yang penuh dengan strategi, chara2 kuat dan tensi yang tinggi di setiap chapternya. Dari pihak shirohige jelas mereka mengeluarkan kekuatan penuh. Di pihak marine sendiri, tak semuanya ikut serta karena bagaimanapun stabilitas dunia perlu tetap terjaga terutama saat2 setelah perang. Ini adalah jaman keemasan bajak laut dan tak ada alasan untuk meninggalkan semua penjagaan untuk sekedar menghadapi satu yonkou. Ada jutaan penduduk sipil yang perlu di lindungi dari kemungkinan2 diserang bajak laut.
 Marineford war adalah pertempuran strategi. Itu pasti, dan memang itulah yang terjadi sepanjang arc berjalan. Strategi pertama di gelar oleh marine  yang dengan cerdas menempatkan seluruh pasukan disetiap bagian daratan marineford yang dekat dengan laut,serta puluhan kapal perang melingkupi bagian luar teluk. Ini menyisakan laut yang terjepit bagi bajak laut shirohige dan mereka akan susah bergerak karena tidak ada pijakan. Tapi rupanya aokiji merusak keadaan ini dengan es nya,hahaha…
Dari bentuk topografi teluk marineford yang mirip bulan sabit, otomatis formasi marine pun membentuk bulan sabit pula, yang kalau dalam istilah jawa disebut formasi “wulan tumanggal”. Dari mulai garis depan berjajar sichibukai, dengan dibelakangnya para pasukan raksasa marine(di film LOTR formasi ini diganti para troll), lalu para laksamana madya yang tersebar merata diantara pasukan, dengan si terhukum portgas D ace yang dijaga langsung oleh sengoku dan garp, dua legenda angkatan laut. Sementara tepat dibawahnya 3 admiral yang dijuluki kekuatan terbesar marine(kizaru,akainu,aokiji) duduk berjejer.  Ini formasi yang sulit ditembus disamping seratus ribu prajurit dan  banyak kapten se level smoker serta puluhan meriam yang terpasang sepanjang teluk marineford.  Bentuk daratan ini sangat menguntungkan pihak marine dan ini salah satu keunggulan mereka. Kekuatan shirohige otomatis akan terkonsentrasi di tengah teluk dan mereka akan jadi tikus yang terjebak. Kenyataannya ini juga salah satu strategi marine yang akan kujelaskan nanti dibawah.


 mahabharata bab 43_2Marineford_Island

Dalam bayanganku,shirohige yang merupakan seorang yang sudah makan asam garam dalam pertempuran2 di laut pasti mengetahui kondisi ini. Karena itu dia tanpa ba bi bu langsung mengguncang sisi kanan dan kiri dengan gempa. Tujuannya apa? Ini untuk mengahncurkan sayap kanan dan sayap kiri musuh yang mungkin nanti akan mengurung mereka bila mereka maju ke daratan. Dan terang saja, dua tsunami raksasa nyaris menghantam marine andai saat itu aokiji tidak membekukannya dengan ice age. Sayap kanan dan sayap kiri angkatan laut selamat, tetapi ini malah membuat keuntungan lain bagi bajak laut shirohige. Mereka jadi punya tempat berpijak! Dengan begini resiko ditenggelamkan saat masih berada di laut bisa dihindarkan, dan benar saja. Semua kapten divisi terjun saat itu juga kecuali marco yang setia mendampingi shirohige di haluan kapal.
 Pemanasan pertama sebagai penguji kekuatan masing2 terjadi. Mihawk yang pertama memulainya, hanya sebagai penguji seberapa jauh jaraknya dengan shirohige yang kemudian ditahan dengan gemilang oleh jozu. Kizaru mengambil alih peran dengan langsung mengincar sang ‘raja’ menggunakan jurus yang serangannya sangat massif, yasakani no magatama. Marco menerimanya langsung sebagai perisai ayahnya, mempertunjukkan kekuatan yang lebih mengerikan dari logia, mythical zoan phoenix. Jozu yang tadi menahan mihawk, mencoba memecah barisan musuh dengan melemparkan bongkahan es raksasa, yang langsung disambut daifunka nya akainu, menyebabkan hujan magma dan menghancurkan satu kapal shirohige. Sebuah pemanasan yang sangat menakjubkan dan mengerikan.
 Mulai dari sinilah perang sesungguhnya terjadi. Inilah yang aku sangat suka dari marineford war arc. Ini benar2 perang kolosal yang terjadi. Semua terlibat, dan saling menghancurkan. Para panglima kedua pasukan yang bisa merusak formasi pasukan pasti di incar. Ini terjadi secara mencolok pada oars junior, saat dia berhasil membuka jalan masuk bagi aliansi lewat sayap kanan musuh merangsek menuju teluk bagian dalam. Bagaimana para pasukan raksasa menahannya hingga oars dijatuhkan oleh sichibukai.
 Inilah yang membedakan marineford war arc dengan perang di manga2 lain ber genre shounen. Kita bisa lihat perbedaan yang sangat mencolok ini pada perang dunia ninja ke empat naruto(no offense buat fans manga naruto, karena aku juga salah satu penggemar manga ini, dan juga perang terakhir di manga ini!). di perang naruto(se tipikal lain dengan perang2 manga shonen lain) tak peduli seberapa besar skala dan jumlah orang yang bertempur, pada akhirnya akan mengerucut pada pola pertempuran satu lawan satu(one by one) antara tokoh antagonis dan protagonist utama. Satu contoh, di awal perang ninja divisi yang dimpin darui bertemu dengan kinkaku dan ginkaku serta ribuan zetsu putih. Memang sempat terjadi tawuran antara para ninja dan zetsu, tapi pada akhirnya yang di ekspose terakhir adalah pertarungan antara kinkaku dan ginkaku vs darui yang menghabiskan beberapa chapter. Nah, hal semacam inilah yang menjadikan perang terakhir di naruto berasa sangat panjang dan membuat kebosanan bagi banyak fans(aku juga sempat merasa seperti itu, namun ada beberapa pertempuran one by one yang menarik). Ini juga yang menjadikan perang2 semacam itu sulit mempertahankan intensitas cerita yang tinggi, padahal melibatkan banyak sekali orang. Padahal  bila dilihat lagi, perang terakhir naruto banyak meng ekspose salah satu keunggulan kishimoto lho, perang taktik. Baik yang one by one maupun taktik yang melibatkan banyak orang.
 Berbeda dengan marineford war arc. Hanya dengan 3 buah tankoubon dan 30an chapter, oda berhasil  menghadirkan perang kolosal yang sangat intens. Pertempuran yang terjadi serupa dengan perang2 kolosal lain, tawuran kacau yang sesuai dengan keadaan perang yang seharusnya. Pola yang ada di marine ford war adalah : “hancurkan musuh yang ada di depanmu.” Karena itulah tokoh2 yang terlibat di marineford war bisa terlihat berkali2 menghadapi musuh yang berbeda2 pula. Kizaru vs marco, kizaru vs shirohige,kizaru vs luffy. Shirohige vs ratusan marine, vs akainu, vs kizaru, vs aokiji dll. Mungkin hanya diperlihatkan oda selintas, tapi bisa juga jadi alasan bahwa chara2 kuat ini sengaja disimpan kekuatannya untuk nanti dimasa depan. Dengan pola seperti ini, marineford arc tak membutuhkan berpanjang2 waktu untuk mempresentasikan perang ala oda ini.
(BERSAMBUNG)

No comments:

Review Manga One Piece Chapter 930 : Kota Ebisu

Chapter yang penuh intrik. Ada banyak hal tersirat yang bisa kita kupas di chapter ini. Yuk kita kupas