Labels

Thursday, March 26, 2015

Analisis Marineford War (bagian 1)

Marineford_Arc
Di tahun 2010 lalu, eiichiro oda mengguncang dunia manga dengan menggambarkan secara sangat megah perang terbesar dan terbaik yang pernah ada di dunia manga shonen, “MARINE FORD WAR”. Arc berisi perang dahsyat antara bajak laut terkuat di dunia one piece, bajak laut shirohige dan aliansi vs angkatan laut+sichibukai dalam misi menyelamatkan kapten divisi dua WB(white beard) pirates, portgas D. ace. Dan diantara dua badai raksasa ini lah, sang tokoh utama monkey D. luffy terseok2 mencoba ambil bagian yang sama dengan WB pirates.
Gara2 arc inilah, penjualan majalah weekly shonen jump tempat one piece bernaung naik tajam. Apalagi tankoubonnya yang mencapai rata2 jutaan copy per volume. Disini pula one piece menjaring banyak fans baru. Aku masih ingat ketika mengikuti diskusi2 pas pembahasan perang yang ramai banget di forum2 macam kaskus walaupun saat itu masih sebatas silent rider,hehehe…

Marineford war ini sudah direncanakan oda sejak lama. Aku yakin itu. Bibit2 pecahnya perang ini dimulai sejak diperkenalkannya bajak laut kurohige sepintas lalu di cerita Dalton ke vivi dan
usopp(volume 15) dan terlihatnya portgas D ace di akhir kisah drum island(volume 17).  
f74d36ac2995966d36a8c7c29c0167fa
Siapa sangka dua nama ini bakal jadi kunci utama cerita one pice selanjutnya yang sangat berpengaruh?dan puzzle2 ini dirangkai oda secara rapi dan tak terlihat mencolok  sejak pertama ace bertemu dengan luffy di arabasta kembali. Kita mungkin tak sempat mengira2 akan ada kejadian yang sangat berpengaruh di kisah global one piece karena perhatian kita teralihkan ke arc arabasta,skypiea dan waterseven+enies lobby. Oda memasukkan bagian demi bagian puzzle itu tanpa mencolok sepanjang kisah sampai narasi oda di volume 46 diakhir pertarungan ace vs kurohige yang terang2an menyatakan bahwa ‘kejadian itu’ adalah awal sebuah peristiwa besar(mungkin dari yang paling mencolok adalah kemunculan teach di mocktown dan pengenalan masing2 anak buahnya yang keren itu dan kemunculan shirohige dg surat dari shanks). Puzzle dirangkai dari kurohige mengacau drum island-ace mencari kurohige-ketakutan orang thd WB pirates-kekalahan crocodile dan bareque works dari bajak laut topi jerami-penjelasan buggy bahwa WB bajak laut yang tak membiarkan seseorang mengganggu kru nya-surat shanks yang menginginkan WB menarik mundur ace dari mencari kurohige-marine yang mencari pengganti crocodile sebagai sichibukai dan Lafitte yang merekomendasikan teach-pertemuan shirohige dan shanks- ace vs bajak laut kurohige-dg puncaknya kata2 donquixote doflamingo tentang shirohige vs marine+sichibukai di manga volume 52! adalah rangkaian puzzle yang disebar oda sepanjang kisah arc drum island sampai sabaody. Betul2 sebuah pondasi yang oda bangun dengan sangat kokoh! Ini yang bikin aku sangat mengagumi oda sensei…dia membuat clue2 sebuah peristiwa besar yang tampak tenggelam oleh arc2 pendukug yang juga sangat keren!

Blackbeard_Pirates_at_Impel_Down

Dan oh…kita tak boleh melupakan salah satu pilar penting yang menyebabkan terjadinya perang besar ini. Apalagi kalau bukan arc arabasta! Kalau luffy tidak mengalahkan crocodile sulit membayangkan bahwa perang besar tsb akan terjadi. Bagaimana tidak? Mari kita uraikan. Kalau luffy tidak pernah mengalahkan crocodile, tahta sichibukai masih akan tetap aman(sampai mungkin sekali luffy mengalahkan gecko moria), kurohige mungkin tak terlintas dalam pikirannya mengincar tahta sichibukai dan membebaskan tahanan level 6 impeldown dan jadi bajak laut biasa yang meresahkan masyarakat dengan menghancurkan negeri2 mereka seperti drum island dan pulau banaro. Ace mungkin akan berhasil menemukan kurohige dan teach mengalahkannya, tapi kemungkinan besar ace akan langsung dibunuh karena teach tak punya alasan menyerahkan ace hidup2 kepada angkatan laut!(ingat bahwa teach tak membunuh ace karena dia mengincar tahta sichibukai yang kosong dengan menyerahkan bajak laut ratusan juta seperti ace ke tangan pemerintah-dan saat kejadian di pulau banaro, luffy dkk belumlah bertemu moria. Jadi andai arc arabasta tak pernah ada, sichibukai saat itu masih lengkap) dan kemarahan shirohige hanya akan tertumpah pada kurohige, bukannya kepada angkatan laut sehingga kemungkinan besarnya, marineford war tak akan pernah ada!

OwnageofCrocodile

Dan pengenalan para karakter yang akan berseteru di perang inipun sudah dipersiapkan oda dengan sangat baik. Pengenalan bajak laut shirohige terjadi pertama pada manga volume 18, dimana reaksi orang2 sangat ketakutan dan menghindar begitu tahu ace yang ada disitu adalah anggota bajak laut shirohige. Berikutnya saat ace bertemu luffy, ace menjelaskan bahwa shirohige adalah bajak laut terkuat di dunia dan yang paling dekat dengan one piece(ini baru sebatas klaim ace). Kemudian di manga volume 25, penjelasan dilanjutkan oleh oda bahwa shirohige adalah manusia terkuat di dunia. Buggy memperjelas alasan orang2 ketakutan dan menjauh dari ace  di arabasta bahwa shirohige adalah bajak laut yang sangat setia kawan, tak membiarkan kru nya di ganggu. Rentetan kejadian lain memperjelas seberapa kualitasnya shirohige sebagai lawan  yang pantas untuk angkatan laut kelak pada marineford war. Oda menegaskan dengan menjelaskan bahwa shirohige termasuk dalam 4 yonkou dan dia merupakan penguasa terbesar bagian dari new world, suatu fakta yang membenarkan klaim ace diatas. Dengan demikian, syarat terjadinya perang epic tentang kekuatan masing2 terpenuhi.

126870307214

Biasanya dalam manga2 lain, rentetan kejadian ini berlaku untuk perang pamungkas dalam cerita. Ambil contoh manga yang paling dekat dengan one piece dengan waktu perang yang bersamaan dengan marineford war, NARUTO. Konklusi akan adanya perang dunia ninja  ke IV diproklamirkan obito di pertemuan para kage. Setelah sebelumnya ada serangkaian cerita pembangun dari saat pra-naruto shippuden, ditandai dengan munculnya itachi dan kisame di konohagakure, munculnya akatsuki dan konfrontasi dengannya, sampai saat pain nagato dikalahkan naruto dan obito mengungkapkan clue tentang rencana akhir “tsuki no me”, barulah kemudian terjadi perang dunia ninja IV,perang yang mengantarkan naruto pada akhir kisahnya. Hal ini terjadi juga di manga lain semisal RAVE, rurouni kenshin, shaman king, samurai deeper kyo dll.

Berbeda dengan one piece, justru marineford war arc hanyalah BATU PIJAKAN  untuk permulaan kisah selanjutnya yang lebih besar, perang akhir yang sudah disebutkan shirohige akan terjadi kelak dimasa depan. Padahal dilihat dari skala dan pengaruhnya, marineford war arc mempunyai kualitas sebaik bahkan melebihi perang pamungkas2 lain yang ada di manga lainnya. Oda sendiri dengan tegas menyebut bahwa marineford war arc “hanyalah seperti filler bagi bab terakhir one piece”, sesuatu yang sangat amat ditunggu2 para fans dan sangat mengagetkan, mengingat bahwa arc marineford war sendiri sangat megah, dan itu bagi oda hanyalah ‘filler’ dan oda samasekali tak mempunyai gambaran bahwa arc ini akan sangat sukses melebihi ekspektasinya. Ya, marineford war arc adalah sebuah permulaan, karena dengan terjadinya perang ini membuat kondisi dunia dalam one piece universe  berubah besar2an, dan dari timeskip kita akan bisa mulai mencari puzzle2 yang akan mengarahkan kita kepada perang pamungkas di cerita one piece nanti……..

(BERSAMBUNG)

No comments:

Review Manga One Piece Chapter 930 : Kota Ebisu

Chapter yang penuh intrik. Ada banyak hal tersirat yang bisa kita kupas di chapter ini. Yuk kita kupas