Labels

Tuesday, March 24, 2015

Samurai X aka Rurouni Kenshin : manga samurai terbaik shounen



“kenshin himura, battosai si pembantai..”
nama ini salah satu nama karakter anime yang  sangat terkenal di Indonesia, seterkenal doraemon,sailormoon,saint seiya dan son goku. Generasi  bocah 90an macam saya pasti mengenalnya. Dan kepopuleran si battosai ini biasanya tertera di stiker2 mobil atawa motor,hehehe. Coba kalau kita jalan2 ke mall atau keramaian2 gitu, di parkiran pasti ada saja stiker kenshin ini(disamping stiker “piye kabare” mendiang presiden soeharto juga,haha).
Sekitar tahun 2000an awal, anime samurai X ditayangkan di Indonesia oleh stasiun tv “ngetop” itu…kalau nggak salah jam penayangannya dimulai jam 3 sore dalam rangkaian acara ‘animax’.
Haaah..masa2 yang sangat menyenangkan. Aku masih ingat jaman segitu abis pulang ngaji pasti yang diburu pertama adalah televisi,hahaha…kalau jam2 segitu acara favoritku ya samurai X ini, setelah sebelumnya anime favoritku yang lain, cardcaptor sakura hilang penayangannya di TPI.huhuhuhu…acara tipi sekarang malah sudah berasa garing buatku. Dulu pas krismon biarpun kita susah, masih ada hiburan acara tipi yang bagus.
Samurai X atau dalam versi aslinya berjudul rurouni kenshin adalah manga karangan nobuhiro watsuki(bushou renkin,wild in west,embalming) yang terbit dari tahun 1994-1998 sebanyak 28 tankoubon di jepang. Di Indonesia pernah terbit sampai tamat di tahun 2000an(tahun 2004 aku masih bisa melihat samurai X di deretan komik2 di toko buku).watsuki sensei ini mangaka ‘penghasil’ mangaka lain yang terkenal seperti eiichiro oda(one piece) dan hiroyuki takei(shaman king). Dan sedikit banyaknya kalau membaca karya kedua mangaka tsb, cara bercerita dan menggambar manga dari dua mangaka itu terilhami dari watsuki sensei.
Tokoh utama dalam manga ini bernama kenshin himura, seorang ronin(samurai tak bertuan) dan pembantai terkuat di zaman akhir keshogunan jepang abad 19 lalu. Kenshin yang setelah zaman berganti menjadi zaman meiji, memutuskan untuk menghilang dari kancah pergulatan zaman baru dan menjadi seorang pengembara, mengikuti kemanapun kaki melangkah sambil berusaha menebus dosa2nya membantai ratusan orang di waktu lampau dengan pedangnya. Kini, kenshin menyandang pedang baru,sakabato(pedang bermata tajam terbalik. Sehingga tak bisa untuk membunuh orang) untuk membantu orang2 yang membutuhkan bantuannya lewat sebilah pedang tsb. Dia berkelana ke seluruh penjuru Negara jepang selama 10 tahun pertama zaman meiji, dan pengembaraannya sebagai ronin berakhir setelah dia bertemu dengan kaoru kamiya, gadis manis pewaris satu2nya sebuah dojo pedang bernama kamiya kasshin. Kenshin pada akhirnya menetap di dojo tersebut, menjalani kehidupan selanjutnya yang ia harapkan bakal jauh dari hingar bingar pertumpahan darah…
Seri rurouni kenshin ini bersetting kejadian selama 6 bulan di dojo kamiya kasshin dan sekitarnya. Menggambarkan kehidupan kenshin di sekitar dojo bersama kaoru tentunya, dengan rentetan peristiwa lain dimana pada akhirnya kenshin bertemu banyak orang seperti si pembuat onar sanosuke sagara, mantan pencopet yahiko myojin, mantan pembuat obat bius megumi takani, tsubame si gadis akabeko dll serta beberapa peristiwa besar yang bahkan sempat mengguncang jepang, dan kenshin dkk lah yang membereskan masalah itu.
Rurouni kenshin,sebuah masterpiece nya watsuki nobuhiro. Kedalaman cerita, karakter dan keindahan artworknya sangat bagus. Plotline nya sendiri ‘dewasa’ sekali, ‘seorang pembantai yang berusaha menebus dosa2nya dimasa lalu’, sangat berbeda dg tema2 manga shonen belakangan yang berkisaran pada mimpi,mimpi dan mimpi,hehehe(meskipun begitu aku tetap menaruh hormat yang sangat dalam pada mangaka2 sekarang!)… dan meskipun rurouni kenshin sangat terkenal di jepang bahkan dunia,tidaklah membuat watsuki sensei terlena untuk memanjang2kan cerita ini. Praktis,setelah kisah balas dendam dan penebusan dosa battosai  selesai di arc jinchuu, rurouni kenshin ditamatkan. Dan nyatanya, sampai kini kepopuleran kenshin dkk masih cukup sakti. Terbukti dari laris manisnya trilogy film adaptasinya yang baru selesai tahun 2014 lalu.
Pertama, dari cerita rurouni kenshin terbilang cukup berat, terutama ketika mulai memasuki arc oniwabanshu dengan memasukkan hal2 seperti opium dan perdagangan senjata gelap. Berlanjut pada arc shishio dan jinchuu yang bahkan semakin mengarah ke cerita2 seinen(dalam arc jinchuu konsep awal watsuki adalah kaoru kamiya benar2 tewas dibunuh enishi dan kenshin kembali menjadi pengembara, namun ternyata itu ditolak karena tidak cocok untuk cerita2 shonen). Tapi bagian tergelap cerita kenshin memang di eksplore watsuki di bab remembrance, saat dia masih jadi battosai dan menurutku, bagian inilah yang paling mendalam dan gelap dari semua bagian cerita rurouni kenshin. Alasan mengapa dia menjadi pengembara dan alas an lain mengapa dia punya kekuatan yang sangat hebat. Remembrance pula menurut penilaianku sendiri adalah kisah flashback terbaik dalam dunia manga, karena flashback ini merupakan pondasi kuat adanya kisah rurouni kenshin sendiri.  Sebuah prekuel yang sangat indah, romantic, gelap dan tragis. Adaptasinya dalam bentuk OVA(original Video anime) berjudul tsuiokuhen atau dalam versi amrik nya berjudul trust and betrayal, disebut2 sebagai OVA terbaik  yang pernah dibuat.
Rurouni kenshin adalah manga yang mencampur elemen sejarah di dalamnya . cara watsuki meramu sejarah jepang jaman restorasi meiji dengan memasukkan tokoh kenshin sendiri ke dalamnya sangat cerdas. Aku terkesan dengan penggambaran watsuki terhadap keterlibatan sishio makoto dalam pembunuhan menteri dalam negeri jepang era meiji, tosimichi okubo yang menurut ‘versi’ watsuki tak terekam dalam sejarah. masuknya tokoh sejarah saito hajime sebagai salah satu chara penting dalam manga, atau tokoh2 yang nyata eksisnya seperti kido koin(kogoro katsura) dan takasugi shinsaku dalam perannya di manga ini. Terkesan sangat alami dan tidak dipaksakan atau dirusak imej nya oleh watsuki sensei sebagaimana contoh yang mencolok terjadi di manga ‘samurai deeper kyo’ dimana tokoh2 semacam oda nobunaga,sanada yukimura bahkan hidetada tokugawa dicitrakan sangat melenceng dari tokoh aslinya. Dan, kenshin himura sendiri dibuat oleh watsuki sensei modelnya dari battosai asli bernama kawakami gensai(dinaskah awalnya watsuki mengatakan bahwa nama kawakami gensai lah yang semula jadi nama asli kenshin).
Dalam manga rurouni kenshin juga lah,bertaburan kata2 mutiara baik itu dari protagonist maupun antagonisnya, sesuatu yang jadi daya tarik lain dari suatu manga untuk pembaca jaman sekarang.
“meskipun dengan sebilah pedang, kalau orang2 menyukaiku, aku bisa melindungi mereka.”
“semua akan memilih jalan sendiri masing-masing,untuk menjalani kehidupannya sendiri-sendiri. bukan berpisah, tapi memulai perjalanan baru. Bukan berakhir, tapi mengawali sesuatu yang baru.”
“aku mau kamu tinggal bersamaku…tapi kamu harus tahu, beginilah cara hidupku. Dan aku tak tahu, entah sampai kapan..kalau bisa, kita hidup bersama, bukan hanya pura-pura..sampai maut memisahkan kita!”
“zaman tak akan pernah berubah bila semua hanya berpusat pada satu orang!”
“baik bandit maupun penjual budak, saat mereka mati sama saja menjadi mayat.”(kenshin himura)
“orang ini telah merenggut kebahagiaanku..tapi,sekaligus memberiku kebahagiaan lain..”
“demi zaman baru mereka menjadi gila..dan kegilaan itu demi keadilan,”(tomoe yukishiro)
“wajar ‘kan orang ingin merahasiakan satu atau dua hal rahasia dari hidupnya?”(kaoru kamiya)
“aku soku zan(yang jahat, habisi!)”
“kalau hanya ingin hidup, sama saja dengan hewan ternak. Jadi tak perlu kebanggaan dan kehormatan.”(hajime saito)
“kalau kita percaya orang, dia akan berkhianat.”
“sebelum dibunuh, lebih baik membunuh.”
“kalau kita betul2seorang  lelaki hebat, bagaimanapun bentuk tubuh kita, perempuan akan tetap datang!”
“yang kuat akan memakan yang lemah!”(sishio makoto)
“mana ada orang yang akan bahagia…dengan melupakan orang yang dikasihinya!”(misao makimachi)
Dll
Nggak kalah dengan kata2 mutiara di manga lain kan??hehehe…
Yang aku suka dari manga ini juga cara watsuki membuat karakteristik karakter2 manganya. Kuat dan dalam walaupun terkadang hanya diberikan latar yang sedikit. Kenshin himura sendiri, terdapat perkembangan saat dia masih menjadi battosai himura, pengembara, dan setelah menetap di dojo kamiya kasshin. Walaupun dasar sifatnya sendiri memang tak berubah. Kenshin bisa dibilang karakter manga shonen yang paling humanis. Dia seseorang yang menguburkan bandit yang membunuh rekan2 perjalanannya dengan alas an, “mereka sama2 manusia”. Sesuatu alas an yang menjadikan seijuro hiko, mengangkatnya jadi murid dan mengasuhnya. Dan alasan kenshin menjadi battosai pun, semua demi “mewujudkan zaman penuh kebahagiaan bagi semua orang”. Sifat dasarnya masih tetap sama, meskipun saat itu tubuhnya mulai menjadi dewasa(menurut mentor kenshin di kelompok restorasi, kogoro katsura). Karakter yang dalam seperti itu bisa ditemui di manga ini selain kenshin. Nama2 seperti hajime saito, makoto sishio,tomoe yukishiro ,aoshi shinomori atau sojiro seta. Mungkin suatu saat aku akan membahas mereka dalam ruang lingkup yang lebih luas.
Artwortk manga ini pun cukup bagus dan rapi. Goresan watsuki berkembang dari volume pertama dan mencapai puncaknya di sekitar manga volume 13-21. Disini cara beliau menggambarkan sudut pandang pertarungan serta ekspresi cukup bagus dan berkembang.
Meskipun termasuk manga lama, aku sangat merekomendasikan manga ini untuk generasi sekarang yang belum sempat membacanya. Apalagi ternyata elex kembali menerbitkan ulang manga ini.hehehe…akupun mengoleksi manga ini, walaupun belum lengkap 1-28(tinggal beberapa lagi) sih..dan khusus buat penggemar one piece, oda sensei pernah jadi asisten mangaka ini dan kita bisa melihat ‘coretan2’ oda bertebaran di sepanjang manga rurouni kenshin,hehehe...contohnya, model candaan luffy memasukkan sumpit ke hidung ada di dalam manga ini, dan gambar2 lain yang hanya oda yang mungkin bisa menggambarnya,hahaha…

No comments:

Review Manga One Piece Chapter 930 : Kota Ebisu

Chapter yang penuh intrik. Ada banyak hal tersirat yang bisa kita kupas di chapter ini. Yuk kita kupas