Labels

Tuesday, March 24, 2015

Super Villain

Dalam sebuah cerita manga selain adanya chara protagonist,terdapat juga chara antagonis yang jadi trouble maker dalam cerita. Mulai dari yang sekelabatan lewat hingga sang boss musuh. yang umum adalah si villain terakhir ini biasanya sangat kuat, tak jarang lebih kuat dari main chara nya sendiri. Hal yang sering menjadikannya kesan mendalam disamping karakteristik lain.

Nah, kali ini aku akan membahas beberapa villain super dalam manga yang sangat berkesan, menjadikannya terkenal bahkan jadi semacam legenda sendiri dan trademark buat si villain ini. Nggak banyak-banyak lah, karena durasi tulisan yang panjang bisa membikin pembaca bosan,hehehe. Villain2 ini dipilih berdasarkan bahwa mereka sangat mempengaruhi cerita, sangat merepotkan sang chara utama, karakteristik mereka yang memang unik, dan bahkan mereka membuat trend baru dalam dunia per manga an. 

Dimulai dari:

4. Pain(Naruto)


Bagiku, pain adalah villain terbaik di manga naruto. Bukan tobi(alias obito) maupun madara uchiha sendiri. Motivasinya mengacau dunia adalah yang paling kuat dibanding kedua chara yang aku sebut diatas. Obito?dia putus asa hanya karena seorang gadis. Madara?dia si pesimis lain yang berubah ideologi karena sebuah prasasti, dan prasasti itupun tipu2 nya zetsu! Kedua orang itu hanya mempunyai solusi instan buat kedamaian dunia. Bikin semua manusia dalam dunia mimpi. Betul2 keinginan yang(maaf) sangat kekanak-kanakan.

Bandingkan dengan pain. Dia bukanlah dari kalangan pelaku perang semacam madara, melainkan kalangan sipil biasa. Karena itulah, kehilangannya jauh melebihi yang madara alami. Menjadi yatim piatu dan hidup sebatangkara, namun demikian nagato tidaklah berputus asa.  Pertemuannya dengan yahiko dan conan dan selanjutnya jiraiya, lalu dengan kejadian2 tragis yang mengikutinya menjadikan motivasi nagato terdengar lebih realistis. Pandangannya tentang dendam dan solusi kedamaian ‘singkat’ nya(menjadikan bijuu menjadi senjata pemusnah agar perang terhenti) jauh lebih masuk akal dibanding tsuki no me nya madara ataupun obito.

Aku bahkan melihat, ‘perang argumen’ mengenai dendam dan kedamaian antara naruto dan pain inilah inti dari shippuden, paruh kedua manga naruto dengan konklusi bersatunya seluruh shinobi dibawah satu aliansi dan matinya dendam dan permusuhan lama antar shinobi. Isu yang di bawa pain lah yang mendasari sepanjang cerita naruto, sesuatu yang menjadi kutukan bagi dunia shinobi yang dikendalikan kebencian.

Banyak yang mencemooh akhir dari pain vs naruto ini yang diselesaikan dengan bacot no jutsu nya naruto. Aku justru sebaliknya, malah sangat terkesan dengan cara masashi mengakhiri arc pain ini. Mengalahkan musuh dengan sekaligus menyelesaikan masalah yang menjadi dorongan musuh  dan memberi solusinya merupakan satu cara yang keren bagiku. Jadi naruto mengalahkan pain secara fisik dan menghancurkan pula ideology yang dibawa pain, itu sangat keren…Melenyapkan musuh samasekali tanpa menyentuh titik permasalahannya?duh..mainstream sekali…


3. Marshal D. Teach  alias Kurohige(One piece)


Taraaa…dia ini adalah calon main villain dalam manga onepiece, sebuah manga super karya eiichiro oda. Diperkenalkan pertama kali dalam kisah pulau jaya, pertemuan pertama dengan monkey D luffy yang berakhir dengan perseteruan konyol. Dan dari awal, si teach ini sudah jadi rival luffy dalam lomba saing2an makan, dengan selera makan yang saling bertentangan mutlak dengan luffy,hahaha
Dia diilhami dari bajak laut yang benar2 ada di dunia, Edward teach dan punya julukan sama, kurohige. Nama Edward dilekatkan pada shirohige, sedang teach dilekatkan pada kurohige. Pada akhirnya, kedua nama ini “disatukan” oda  karena kurohige berhasil merampas kekuatan gura2 no mi, kekuatan shirohige menjadi kekuatan miliknya sendiri.

Well, teach adalah chara yang digambarkan paling ‘bajak laut’ di one piece. Dia sangat natural, berpenampilan berantakan dengan dandanan seperti bajak laut-bajak laut era keemasan. Wataknya sendiri menurutku, abu-abu antara murni jahat dengan sisi2 kemanusiaan yang masih melekat pada dirinya. Sebagai bukti, teach memang memorak-porandakan berbagai tempat seperti drum island dan pulau banaro, tapi disisi lain dia sama sekali tak mengganggu pemilik bar tempatnya berseteru dengan luffy di pulau jaya. Dia sangat menghargai impian manusia dan usaha dalam memperolehnya, karena itulah dia memuji nami atas tindakannya terhadap bellamy si hyena dan meneriakkan kata2 legendaris di one piece, “IMPIAN MANUSIA…TAKKAN PERNAH BERAKHIR!!!”

Teach adalah seorang perencana yang cerdik dan penyabar. Dia sudah mengincar buah iblis yami2 no mi sejak lama, bahkan tujuannya bergabung dengan shirohige adalah demi menemukan buah iblis tsb. Saat mendapatkannya,segera teach kabur dari shirohige dan mengumpulkan orang2 mencurigakan dengan kekuatan super sebagai kru, sembari mengacau sepanjang perjalanan mereka. Besar kemungkinan oda-sensei sudah merencanakan teach lah yang akan menjadi villain utama luffy. Meskipun demikian, aku sendiri tidak tahu apakah teach sudah mengincar posisi sichibukai agar bisa menerobos impel down ataukah ide ini muncul setelah kursi sichibukai kosong karena crocodile dikalahkan luffy. Yang jelas, teach lah(bersama luffy) yang mengguncang tatanan dunia pertama kali semenjak zaman keemasan bajak laut. Dialah penyebab terjadinya perang marineford yang menyebabkan shirohige dan ace gugur, dan zaman berubah. Jelaslah perannya dalam cerita sangat besar, bahkan dikalangan fans(termasuk aku sendiri) meyakini teach dan kru nya lah yang bakal jadi musuh utama bajak laut topi jerami dan halangan terbesar luffy memperoleh one piece.


2. Makoto Shisio (rurouni kenshin/samurai X)



Musuh terkuat kenshin  himura dalam manga rurouni kenshin. Benar2 dari sana nya sudah psikopat, kejam, dan punya ambisi kelewat batas(setelah mati pun, di neraka bahkan sishio hendak menggulingkan enma, raja neraka.kurang greget apa lagi ni chara…!!!!!).

Muncul sebagai antagonis utama Kyoto arc, makoto sishio tampil sebagai seorang pria dengan sekujur tubuh dibelit perban, trademark sishio yang gak bisa dipisahkan darinya. Latar belakangnya adalah seorang samurai yang berpihak pada issin sishi(ksatria meiji tempat kenshin bernaung) yang jadi seteru pemerintahan bakufu era restorasi meiji jepang. Dia di rekrut untuk menggantikan peran kenshin sebagai battousai si pembantai(secara rahasia dan dibalik layar),sementara kenshin sendiri tampil terang2an membela pejuang restorasi dengan menyandang nama hitokiri battousai, sebagai pertakut lawan2nya. Namun berbeda dari kenshin yang membantai orang demi kebahagiaan orang2 di era yang baru, sishio hanyalah psikopat yang bergerak atas dasar ambisi demi diri sendiri. Dia tak peduli dengan membela yang lemah ataupun mana yang benar antara bakufu dan issin shisi. Karena hal inilah, di perang boshin shisio dibunuh secara diam2 oleh pihak restorasi, mayatnya dibakar untuk menghilangkan jejak. Bahkan si eksekutor shisio pun dibunuh agar informasi mengenai shisio lenyap. Namun, shisio masih hidup dan selamat. Dari sinilah dia bangkit menjadi ancaman besar bagi jepang.

Sishio punya kharisma yang sangat luar biasa, sulit sekali menemukan chara antagonis manga yang charisma nya sebesar sishio. Dia punya kemampuan mempengaruhi orang agar menjadi bawahannya yang sangat setia. Walaupun amat sangat jahat dan tak peduli nyawa orang, pengikut2nya sangat memuja-muja dirinya bahkan rela berkorban nyawa,meskipun mereka dibuang hanya demi mengetahui kemampuan lawan, seperti 4 biksu abukuma yang tewas untuk mengukur kekuatan aoshi atau yumi komagata yang rela mati ditangan shisio sendiri jadi pengalih perhatian kenshin agar dia lengah. Charisma ini pula lah yang menyebabkan geisha seperti yumi sangat mencintai shisio dan seorang waria(batangan coeg…batangan!!!!) seperti kamatari yang juga sangat mencintai shisio(padahal shisio pria cacat penuh perban ya…pake pellet apaan nih orang)! Asisten setianya, hoji sadojima lebih memilih mati bunuh diri ketimbang mengakui kalau shisio kalah dan bergabung dengan pemerintahan meiji.

Shisio sangat kuat. Dia bisa menang saat menghadapi empat orang kuat(kenshin,aoshi,saito dan sanosuke). Futae no kiwami sanosuke yang bisa membuat batu hancur jadi pasir samasekali tak mempan pada shisio. Bahkan shisio masih sadar dan bisa bangkitsetelah terkena jurus terkuat kenshin(amakakeru ryu no hirameki) yang bisa membuat guru kenshin pingsan berjam-jam. Dia kalah karena kehabisan waktu dan kondisi tubuhnya yang memang tak memungkinkannya bertarung melebihi 15 menit. Alhasil, shisio yang punya kelainan pada tubuhnya itu terbakar sendiri karena suhu tubuhnya meningkat.


daaannnnnn...inilah super villain paling super duper greget membahana.....


1. Lord  Jejen alias aizen sousoke alias the king of troll ever (bleach)











Perlu alasan kenapa lord jejen menduduki puncak super villain????

nih....

aizen 'cell' 



aizen ngetroll naruto:

the truth revelation...aizen is tobi



aizen ngetroll one piece:

kizaru pun tak berdaya



“just as i planned..” – Lord Jejen


Bahkan artikel ini pun adalah bagian dari rencana lord jejen nge TROLL soul society,hueco mundo,soul king palace dan dunia pewayangan mahabarata…


artikel ini??
this is part of my plan...

akhirul kalam....



No comments:

Review Manga One Piece Chapter 930 : Kota Ebisu

Chapter yang penuh intrik. Ada banyak hal tersirat yang bisa kita kupas di chapter ini. Yuk kita kupas