Labels

Monday, March 30, 2015

Analisis Marineford War (bagian 3)

marinefordArcHesooo…!
Huff..aku rasa aku menghabiskan terlalu banyak tulisan dalam mengulas tentang marineford war arc ini,hehehe. Wajar saja sih. Banyak sekali yang ingin aku bahas dan terkadang aku sulit menuangkannya dalam tulisan saat sudah menghadapi keyboard! Karena apa yang aku ingin tulis terkadang datang dalam fikiran saat aku dalam keadaan sibuk bekerja dan bukan duduk di depan PC. Ini sebabnya waktu yang aku habiskan di depan keyboard benar2 lama dan melelahkan,hehehe..curhat dikit nggak apa2 ya..
Baiklah, back to topic. Sebelumnya aku membahas marineford war dari sudut bagaimana kolosalnya perang ini, sampai di AWAL PERANG yang terjadi.
Ya…sepanjang ini aku baru masuk ke awal2 perang! Sebelumnya di jelaskan bahwa marineford war tidaklah terjebak dengan pola mainstream manga shonen lain yang berakhir pada pertarungan satu lawan satu antar tokoh2 kuat yang menghabiskan cerita berchapter2 dan berujung pada kebosanan pembaca.
Yupz, faktanya marineford war arc berlangsung hanya beberapa jam saja! Tapi kejadian beberapa jam tersebut pada akhirnya mempengaruhi dunia dalam one piece universe selama dua tahun terakhir!sebuah peristiwa besar  berpengaruh pada dunia one piece yang terjadi secara beruntun mulai dari enies lobby, impel down, lalu perang ini setelah peristiwa eksekusi roger berlangsung puluhan tahun lalu.  Pengaruh langsung dan tidak langsung perang ini akan kujelaskan lebih lanjut di bagian yang lain.
Perang Taktik
Melanjutkan pembahasan tentang taktik yang ada di marineford war, kita tahu bahwa serangan shirohige yang berusaha memecah kekuatan sayap kanan-kiri marine digagalkan aokiji. Jadi otomatis, sesaat yang terjadi adalah armada shirohige seperti terkepung ditengah2 teluk. Usaha oars membuka jalan lewat rangsekannya di sayap kanan marine, membawa ratusan pasukan aliansi shirohige dibelakangnya . ini berjalan dengan cukup sukses kendati oars yang diserang marine bertubi2 dirobohkan oleh kuma,doflamingo, dan moria sekaligus(sichibukai memang berperan besar di perang ini, meskipun tindakan mereka bukan saja merugikan bajak laut shirohige tapi juga merugikan angkatan laut sendiri). Sayap kanan marine berhasil ditembus tapi kelihatannya dengan kekalahan oars, sayap kanan marine sedikit bisa beradaptasi kemudian. Pasukan aliansi shirohige masih tertahan di tengah laut di luar teluk karena disana juga mereka dihadang puluhan kapal perang. Jadi bisa dibilang, dari pasukan aliansi shirohige oars dan kru nya lah yang pertama kali menapak di daratan marineford. Salah satu aliansi shirohige, penyihir putih ‘white bay’ menembus kembali formasi marine di teluk bagian dalam yang tadi menutup kembali setelah kekalahan oars. Kapal pemecah es white bay dengan mudah menembus es aokiji dan mengisi kembali jalan yang tadi dibuka oleh oars. Sementara itu, sengoku menginstruksikan pasukan marine untuk bersiap2 menjalankan rencana marine(yang berhubungan dengan dinding penghalang tsb) dan berniat mengeksekusi ace lebih cepat dari rencana. Shirohige yang sarat pengalaman,agaknya mencium pergerakan mencurigakan marine ini dan mencoba menebak2 taktik apa yang akan dijalankan marine selanjutnya. Lewat luffy lah shirohige sedikit mengetahui rencana marine mempercepat waktu eksekusi. Dia mencium sesuatu, dan memerintahkan aliansinya bergerak maju menyebar, tidak hanya terpusat pada plaza marineford dan mengelompok. Sebuah keputusan yang tepat. Pujian yang sama diberikan garp kepada pengamatan shirohige ini.
Tapi, marine selangkah lebih maju dari bajak laut shirohige. Disinilah mereka menggunakan taktik intelijen dan adu domba dan menggabungkannya dengan memancing  rasa keputus asaan pihak lawan. Pertama2, mereka mengeluarkan salah satu pasukan terkuat mereka, senjata manusia ‘pacifista’. Pasukan super dengan bentuk sama dengan bartolomew kuma dan memiliki kekuatan tempur yang sangat mengerikan. Mereka bukannya menyerang bajak laut shirohige malah memfokuskan serangan hanya pada pasukan aliansi. Siasat shirohige dengan memencar aliansinya sedikit mengacaukan rencana marine ini. Serangan pacifista begitu brutal, bahkan menghancurkan juga kapal perang marine sendiri, meskipun itu masih dalam lingkup rencana. Shirohige memerintahkan pasukannya untuk langsung naik kedaratan tanpa menoleh kebelakang, sementara sengoku dengan cepat memerintahkan marine mundur dan mengosongkan area teluk dari marine. Pacifista tetap focus menyerang aliansi shirohige dengan brutal sehingga aliansi shirohige kewalahan dengan ini.
Disaat inilah rencana kedua, adu domba antara shirohige dan aliansinya sendiri dijalankan secara sempurna oleh akainu. Berbekal pengungkapan identitas asli ace dan informasi mengenai salah satu aliansi shirohige yang dendam pada roger, akainu mendatangi squard, kapten bajak laut uozugumo. Dia memprovokasi squard dan mengatakan bahwa shirohige berniat mengorbankan aliansinya sendiri demi ace. Squard yang tidak percaya mulai goyah saat dia mengetahui fakta bahwa pcifista hanya menyerang rekan2nya sesama aliansi. Dan dengan mulus, squard akhirnya menusuk shirohige dan mengungkapkan  ‘fakta palsu’ dari akainu ini. Semua ini bagian dari taktik angkatan laut. Tapi, kasih sayang shirohige mematahkan muslihat ini. Justru dengan inilah, semangat aliansi shirohige malah makin meningkat dan jadi senjata makan tuan bagi marine.
Dalam perang nyata, hal seperti operasi intelijen seperti ini sangat wajar terjadi untuk melemahkan kondisi musuh, terutama dalam hal psikologis yang berlanjut pada pertumpahan darah diantara sesama musuh. ini berulangkali terjadi dalam sejarah, diantara yang bisa aku ingat adalah intelijen nabi Muhammad bernama nu’aim bin mas’ud yang mengadu domba antara musuh nabi, kaum Quraisy, bani quraidzah dan bani gathfan sampai2 mereka terpecah dan semangat berperang mereka rontok karena kepercayaan diantara masing2 sekutu luntur. Padahal, saat itu kondisi mereka sangat menguntungkan. Quraisy dan gathfan mengepung di luar kota, dan bani quraidzah sewaktu2 dapat menyerang kaum muslimin dari dalam kota. Dalam kondisi terjepit inilah taktik nabi berhasil dengan sempurna.
Back to marineford. Dinding pengepungan dinaikkan, sedikit terhambat karena terganjal es aokiji,hehehe. Entah kebetulan atau tidak, tubuh oars menghalangi naiknya dinding sehingga pengepungan ini berjalan kurang sempurna. Semua bajak laut shirohige  tertahan di teluk marineford  dan jadi sasaran empuk meriam dan…ryusei kazan, jurus dahsyat akainu  berupa hujan magma. Semua kapal shirohige di permukaan termasuk kapal induk moby dick, hancur.Aku ingin melihat momen ini dalam bentuk live action! Pasti sangat keren! Celah yang ada satu2nya hanya ada pada tubuh oars dan itu dijaga ketat oleh marine. Disinilah rencana cadangan shirohige yang luar biasa. Dia masih menyimpan satu kapal tersisa yang disembunyikan dibawah laut dan berjenis kapal paddle, alias kapal berkincir. Dengan bantuan oars, kapal beserta seluruh kru shirohige melewati celah dan menuju langsung ke plaza, tak jauh dari tempat hukuman mati!mulai dari sini, adu strategi perang sudah tak berlaku dan yang terjadi adalah tawuran! Benar2 semua kekuatan marine dan shirohige bertabrakan. Semua kru shirohige maju merangsek sementara marine bertahan menghadapi. Kekuatan dahsyat shirohige ditunjukkan disini. Bagaimana dengan satu hempasan bisento, ratusan marine dari yang kroco sampai level kapten beterbangan tak tentu arah. Bahkan para laksamana madya harus mengeluarkan pedang menghadapi gelombang dahsyat ini. Tapi hal itu tak berlaku pada monster2 angkatan laut seperti trio admiral. Shirohige melakukan ini beberapa kali, dengan maksud langsung menyerang sampai tempat eksekusi, namun beberapa kali pula ditahan para admiral. Marco pun mengambil jalan pintas terbang menuju ace, dan berakhir dengan kepalanya dipukul garp dengan keras.
Di lain pihak aku masih penasaran dengan bahan pembentuk dinding pengepungan ini. Terbuat dari besi jenis apakah d  inding pengepungan sehingga meriam tak mampu menembusnya, bahkan kekuatan gura2 milik shirohige tak mempan! Aku rasa ada keterlibatan vegapunk merekayasa logam sekuat ini. Atau besi yang dimaksud masih dalam jenis wapo metal??
Marineford's_Encircling_Walls
Peran Luffy dan Kepercayaan Shirohige padanya
Bagaimana dengan peran tokoh utama kita, monkey D luffy??
oda tetap memberi porsi yang cukup bagi luffy ditengah parade karakter2 kuat baik dari shirohige dan marine. Jadi, luffy masih menjadi pusat cerita saat dia jatuh dari langit dan memporak porandakan jalannya pertempuran!hahaha…namanya saja luffy, yang ada dipikirannya adalah sampai di tempat ace dan membebaskannya. Disinilah begitu banyak keberuntungan berpihak pada luffy. Dilindungi berbagai macam orang dari bajak laut shirohige sampai crocodile dan law pun melindunginya, mendapatkan kunci borgol ace dan ketika kunci itu rusak, ada mr. 3 disisi luffy. Luffy yang sangat easy going itu menarik banyak orang untuk berada di pihaknya, kemampuan yang disebut mihawk paling menakutkan diseluruh penjuru lautan ini! Meskipun perannya terbagi dengan shirohige,ace,bajak laut lainnya yang kudu di ekspose di perang ini, luffy tetap memiliki porsi sebagai main chara dan dialah ujung tombak yang berhasil membebaskan ace. Seorang shirohige pun pada akhirnya menyerahkan kepercayaan padanya untuk memikul zaman baru! Itu terjadi setelah luffy menunjukkan haki haoshoku nya ke seluruh orang yang ada disitu.
Seorang pemula dalam dunia bajak laut, samasekali tidak gentar bahkan menantang lomba pada seorang yonkou seperti shirohige. Ini kejutan bagi orang2 baik bajak laut maupun marine. Ivankov yang sekuat itupun gemetar, apalagi buggy dan mr. 3.
Agaknya shirohige tertarik dengan luffy saat luffy menahan crocodile yang hendak menyerangnya dan setelah luffy adu mulut dengannya. Ketika tahu bahwa luffy bersikeras tetap menyelamatkan ace meskipun ace melarangnya, shirohige memerintahkan marco menjaga luffy. Suatu kehormatan yang amat tinggi dari seorang bajak laut seperti shirohige kepada luffy. Apalagi ditambah fakta bahwa luffy ini anak seorang criminal seperti dragon. Shirohige bukanlah seorang yang nggak update seperti luffy, dia diperlihatkan sering menyimak kejadian2 yang ada di dunia yang tengah terjadi. Sebagai contoh,shirohige diperlihatkan sedang membaca Koran dengan berita ace yang menolak tawaran sebagai sichibukai. Menurutku, berita mengenai dragon dan sepak terjangnya sudah pasti diketahui oleh shirohige. Dan, hubungan saudara antara anak-anak dua  orang paling berbahaya di dunia ber marga D menarik perhatian shirohige. Itu terlihat mencolok sekali di sepanjang maerineford war. Saat luffy mengeluarkan haki haoshoku, shirohige yang terengah2 karena terluka meminta dalam hati agar luffy yang mewarisi nama D menunjukkan ‘masa depan baru’. Mungkin masa depan baru dalam hal ini adalah kebebasan ace. Tapi itu dalam jangka waktu dekat, dan memang seperti itulah yang terjadi. Luffy menyelamatkan ace. Tetapi dalam jangka waktu panjang,shirohige berharap luffy lah yang kelak nanti menjungkir balikkan dunia dengan tekad D nya itu. Pada waktunya aku akan membahas ini saat momen kematian shirohige dalam tulisan yang lebih lengkap,hehehe…
Marineford_Arc
kemampuan paling menakutkan yang luffy miliki...kemampuan yang bahkan membuat shirohige yang baru mengenalnya membebankan masa depan padanya...
(BERSAMBUNG)

No comments:

Review Manga One Piece Chapter 930 : Kota Ebisu

Chapter yang penuh intrik. Ada banyak hal tersirat yang bisa kita kupas di chapter ini. Yuk kita kupas