Labels

Sunday, March 22, 2015

Review One Piece Chapter 780 : Kutukan Heart

Hesooo…

Apa kabar?? setelah 2 minggu bersabar2 menunggu keluarnya chapter baru, akhirnya one piece chapter 780 keluar agak cepat..apa kalian sudah membacanya?
Aku merasakan tensi cerita kembali turun di chapter kali ini,hehehe..setelah 2 chapter lalu di hajar dengan aksi fight plus taktik cerdas, oda kelihatan masih menunda2 full battle antara luffy vs doflamingo dan lebih memilih menjelaskan keadaan law dalam flashback. Sedikit pertarungan memang ada, tapi itu diletakkan di akhir chapter. Kentang kentang dah,hahaha…

Beberapa point penting chapter ini:

1.       ** Cover story jinbei masih berlanjut ternyata. Dan colorspread kemarin adalah untuk menyambut Tokyo event ya? Jinbei akhirnya memindahkan reruntuhan ke dasar laut kembali. Reruntuhan yang menyimpan poneglyph. Hm, dilihat dari keadaannya, reruntuhan ini paling tidak sudah berumur beberapa abad. Menyerupai bangunan2 yunani kuno(mungkin sebuah kuil pemujaan tertentu?). kalau dihubungkan dengan reruntuhan sandora yang berumur kira2 800 tahun lalu(shandora terinspirasi dari peradaban bangsa maya sekitar abad 8-10 M), mungkin saja reruntuhan tsb lebih tua bukan?
Dan dengan adanya reruntuhan yang kini telah tenggelam di laut, kini kita tahu ada atlantis di dunia one piece. Mungkin..mungkiiin saja dulunya termasuk dalam kerajaan D yang kemudian dimusnahkan betul2 oleh cikal bakal pemerintah dunia, seperti ohara. Bahkan, shandora sendiri di jaman norland dan calgara sudah berbentuk reruntuhan bukan?


2.      *** Flashback beberapa menit sebelum law tak sadarkan diri(aku ogah mengatakan law sudah mati!). dofla mengoceh seolah2 dia paham sifat luffy sebenarnya. Dia tidak tahu! Mengejek law dengan mengatakan dia layaknya Corazon yang berusaha menghantuinya. Law dalam posisi terpuruk menggenggam pedang dengan satu lengannya yang telah putus. Kalian tahu ini mengingatkanku dengan apa? Yoko si pendekar rajawali(dimainkan andi law) yang serialnya dulu sangat popular di era 90an, bersama sang kekasih bibi lung tentunya.hahaha…


3.       Doflamingo kembali menyebut2 tentang kemampuan terhebat dari buah ope2. Operasi keabadian. Dikatakan pertama kali oleh law di chapter 761-buah ope-ope. Kemampuan terhebat buah ini adalah memberikan keabadian kepada seseorang dengan resiko si pengguna ope2 no mi akan kehilangan nyawanya. Doflamingo di chapter yang sama menyebut bahwa ope2 no mi adalah kunci untuk ‘menggunakan harta nasional’ dan ‘otoritas mengatur dunia’.

Menarik. Belakangan terutama setelah memasuki new world bermunculan para pengguna DF yang berhubungan dengan healing.  Selain ivankov,Law dan mansherry dua nama yang muncul dan kedua2nya punya resiko ‘kehilangan’ baik umur(mansherry) maupun nyawa(law). Aku pribadi agak kecewa dengan heal2 an ini. Kalaupun ivankov punya, hal tsb terjadi karena dia memacu hormone yang memang ada di setiap manusia. Sedang mansherry, dg air mata orang sembuh?hmmmm…gimana ya??

Nah, apa yang menjadi kemampuan law ini, membuat orang abadi dengan mengorbankan nyawa, aku harap oda tidak membuat seperti mansherry ini. Kalau melihat naruto, ada seorang yang bisa ‘abadi’ bernama kakuzu. Dia bisa memperpanjang umurnya dengan merampas jantung milik orang lain. Nah, kalaupun law bisa membuat seseorang abadi, kemungkinan cara itu berupa ‘mentransplantasi’ jantungnya ke orang laindan otomatis akan berakibat kematian bagi dirinya(hahaha…ini sih meminjam mentah2 dari naruto).


4.       ***Law, ternyata masih punya rasa empati. Mengabulkan permintaan dofla dengan syarat:hidupkan Corazon dan jilat pantat setiap penduduk dressrosa yang terzhalimi! Ealah..kalau hanya ‘menghidupkan cora-san’ sih aku nggak kaget, tapi kenyataan trafa meminta tsb membuatku berfikir orang ini benar2 di ubah oleh cora-san dari bocah putus asa yang otaknya rusak karena memori di masa lalu jadi punya rasa simpati. Good job Corazon…

Law memang percaya penuh dengan luffy. Alasan kuatnya aku tak tahu, bisa jadi karena law dan luffy sama2 berdarah D dan mungkin sepengetahuan law, luffy yang mampu memporak porandakan tatanan dunia(dimulai dari arabasta) 2 tahun lalu begitu memperngaruhi law. Aku yakin, mungkin rasa ‘kepercayaan’ inipula yang menggerakkan law menolong luffy pada perang puncak(dengan resiko tewas ditangan angkatan laut). Dan lihatlah saat law menyaksikan sendiri seorang wakil kapten raja bajak laut jauh2 dari shabaody berenang menemui luffy di amazon lily! Dia tahu pasti bahwa ‘D’ akan memanggil ‘satu badai’(chapter 591). Dia pula yang memproklamirkan bahwa tatanan dunia yang damai 2 tahun ini akan rusak, dimulai dari doflamingo sebagai batu pijakan! Makanya, dengan pose sama yang ditujukan pada eustass kid di shabaody, law berkata:

“bajak laut topi jerami adalah kelompok yang mampu membuat keajaiban. Mereka takkan bisa dikalahkan oleh orang sepertimu, dan Caesar takkan bisa kau dapatkan kembali. Masa depanmu sudah…”


5.       Adegan tertembaknya law mengingatkan kembali dengan adegan tertembaknya Corazon di chapter 767-cora san-. Doflamingo masih punya selera mengeksekusi musuh dengan menembaknya memakai pistol, alih2 memakai kekuatan benangnya. Tumben sekali dofla kehilangan sifat tenangnya dan menembak law berkali-kali dengan brutal sambil menyumpah2. Bahkan trebol sampai merasa ngeri. Kelihatannya dofla menganggap law mengejeknya selama ini dengan mengambil nama bajak lautnya sesuai nama kursi yang seharusnya di duduki law saat ini.  Fakta bahwa Corazon dan law, dua nama yang membahayakannya dimasa lalu dan masa kini. Corazon yang menjadi agen angkatan laut dan membuat doflamingo nyaris dihabisi marine andai saja tak ada vergo serta law, yang kini hendak mengadu dirinya dengan salah seorang yonkou. Bagi doflamingo sendiri, dua orang ini memang sangat menyebalkan.

6.       ***Entah kenapa aku merasa, build klimaks yang oda kasih dengan membuat birdcage menyempit kurang greget. Apalagi kalau mau dibandingkan dengan waktu enel menjatuhkan raigoh atau saat2 kritis saat sanji ngoceh di depan soge king tentang apa yang bisa diperbuat mereka untuk robin dengan latar terbukanya gerbang keadilan di enies lobby. Mungkin hal ini karena saat kemunculan bird cage nya dari awal sendiri sudah cukup menggambarkan suasana kritis dressrosa atau karena durasi page yang kurang buat presentasi?entahlah…

7.       ***Yak, luffy akhirnya menemukan doflamingo..!! gomu2 no elephant yang di lapisi haki di tahan dengan mudah oleh spider’s web nya mas doflamingo. Sesuatu yang bikin perdebatan panas di grup2 one piece sekarang! Hahaha

Aku sih mafhum saja dengan ini, lha wong dari awal arc dressrosa doflamingo memang sudah di tampilkan begitu IMBA oleh oda sensei,nyehehehe…bagaimana tidak? Mari mundur ke belakang. Doflamingo bisa mudah lolos dari es nya aokiji, sesuatu yang sampai sekarang baru di perlihatkan oleh shirohige di perang puncak(itupun karena shirohige adalah ‘getaran’ yang tak bisa dibekukan-aokiji). Menghadapi diable jump nya sanji yang meremukkan pacifista di shabaody, doflamingo enak saja nangkis2 sambil cengengesan. Sempat muntah darah kena red hawk nya luffy yang bikin hody(perfect monster form akibat obat)kleper2, dan kini bahkan bekas2 luka akibat itu hampir2 tak terlihat. Belum di tambah lagi dengan birdcage yang bahkan sanggup membelah2 meteornya fujitor,klon benang(yang bisa ngomong dan keringetan, bahkan ngeluarin kekuatan ito2!) itu semua membuktikan kalau seorang doflamingo memang sangat kuat, baik defense maupun offense nya. Jadi, sebuah spider’s web yang bisa menahan gomu2 elephant gun bukan hal aneh buatku. Apalagi kalau kemudian mereka yang protes sampai2 menghubungkannya dengan real life, dan yang meng counter samapi2 menyebut2 baju anti peluru…!!!hehehe terus terang aku malah takjub dengan pemikiran fans2 one piece ini.


***Jurus baru luffy di keluarkan…hawk gatling!sayang banget, jurus baru ini hanya mengandalkan serangan membabi buta luffy dan gampang dihindari doflamingo. Andaaiiii saja oda membikin paling nggak doflamingo ke tampol barang sekali aja. Jurus baru ini bakal nggak terkesan useless. Doflamingo emang bener2 IMBA BASTARD…!!!jurus white break nya nyaris meremuk tubuh luffy. Oh odaa senseeeiii…tolong dong di chapter depan bikin doflamingo babak belur dihajar luffy…!!!

8.      *** Law…is dead??nggak..nggak. seperti review ku di chapter kemarin, law adalah salah satu chara penting. Bahkan di poll character one piece dia merebut posisi zoro yang paten disitu selama tahunan,hahaha..seharusnya kalau dia mati, akan memberikan pengaruh penting bagi perkembangan cerita, dan kematiannya tidak diperlihatkan dalam flashback seperti itu.

Coba pikir, berapa kali law dikira mati sebelumnya??di hajar di green bit, di jembatan penghubung dressrosa-greenbit, di dressrosa saat ditembak doflamingo. Nyatanya dia masih hidup kan??

9.       Aku harap, kata2 dofla di akhir chapter menandakan kalau chapter depan bakal jadi full battle luffy-doflamingo! Jangan di loncat ke scene lain,hahaha.. kalaupun terjadi, itu adalah saat sabo datang dan jadi dual battle antara doflamingo vs luffy dan sabo vs trebol, hehehe.. oh iya, dengan adanya trebol di lantai atas bersama doflamingo, praktis dia tercoret dari daftar kandidat orang misterius di lantai bawah istana.

10.   Ada kata2 law yang diucapkan kepada luffy sebelumnya. Seperti biasanya oda sensei membuat kita menebak2,hahaha…


Aku cenderung menganggap itu adalah taktik untuk menghadapi doflamingo. Tapi dengan sifat luffy, bisa nggak ya taktiknya bekerja?hehehe….


kesimpulanku, chapter kali ini bukanlah chapter yang super epic seperti chpater dimana zoro melibas pica. tapi juga bukan chapter yang jelek karena sepengetahuanku, oda selalu membuat bab2 yang selalu menarik untuk dibaca. ini adalah babak sesaat sebelum sajian utama,dengan sedikit penonjolan yang akan mengarah pada klimaks arc. yasudahlah, minggu depan kita masih bisa menikmati kembali cerita utama one piece sebelum liburan rutin oda sensei. sampai jumpa lagi di review one piece mendatang, dan hesooo...!









No comments:

Review Manga One Piece Chapter 930 : Kota Ebisu

Chapter yang penuh intrik. Ada banyak hal tersirat yang bisa kita kupas di chapter ini. Yuk kita kupas