Labels

Friday, April 3, 2015

Review One piece chapter 782 : Reinkarnasi Iblis


Hesooo…!

 Gimana, sudah lihat chapter terbaru one piece –reinkarnasi iblis- yang keluar kamis kemarin(versi scanlation tentunya,hehehe)?? Aku suka dg gaya pertarungan luffy vs doflamingo di chapter ini, sebab mengingatkan ku sekilas dengan pertarungan luffy vs rob lucci di awal2 yang penuh dengan gaya2 bertarung martial arts, tapi untuk kali ini….haki berperan di dalamnya!
 

****coverstory jinbe ke 26. Para monster laut berpesta. Yah…aku pikir saat mereka ada dibawah kekuasaan hody jones dan vander decken mereka hanyalah monster tak beradab yang bisanya menghancurkan saja. Ternyata seperti hewan2 buas lain di one piece seperti misalnya serigala langit di arc skypiea, mereka bisa juga ikut2an berpesta pora,hehehe..yap, hal lazim yang seolah jadi penutup wajib di manga one piece, pesta2 setelah satu masalah selesai.


 ****spekulasi yang jadi bahan perdebatan fans di forum2 one piece terselesaikan. Doflamingo memang sungguh2 mau menghancurkan kepala law dengan menginjaknya. Ya, menginjaknya bagai menginjak tomat! Itu pula alasan kenapa luffy harus mengaktifkan haki bushokoka menghadang kaki dofla ini. Alamaaakkkk…fans one piece kadang memang lebay,hahaha…hal2 minor seperti ini bisa jadi bahan perdebatan panas ber page2 sampai membawa2 macam2 teori. Barangkali oda bakal ngakak terbahak2 kalau melihat ini…


 ****pertarungan kedua pengguna haoshoku haki!aku melihat, haoshoku ternyata tak hanya berfungsi untuk menundukkan mental lawan2 lemah saja. Coba saja perhatikan, dari chapter 716-don chinjao- saat pertarungan luffy vs don chinjao terjadi retakan aneh berwarna hitam disekeliling pusat benturan mereka. Ini pula yang mungkin sekali terjadi saat shanks menahan bishento shirohige yang menyebabkan langit terbelah, haoshoku lah penyebabnya selain gura2 no mi tentunya.

benturan dua haoshoku


         Jadi mungkin sekali kualitas raja selain menundukkan mental lawan, adalah tingkatan selanjutnya dari haki busho. Mengenali haki ini tak hanya dari lawan2 yang pingsan disekelilingmu, tapi juga efek lain yang ditimbulkan dari benturan haki ini. Diamante dan trebol bisa mengenalinya lewat itu dan aku kira, benturan pengguna haki lain selain haki hao tak menghasilkan efek garis2 hitam ini. Yaps, jadi polemic ‘haki hao hanya berfungsi terhadap kroco2 bermental lemah’ yang selama ini jadi pertanyaan sebagian fans bisa sedikit terjawab.


 ****martial arts!yeyeye lalala…hahahaha. . . .
dofla kena gaplok luffy...lalalala yeyeyeye!!!
luffy menggaplok dofla...lalala yeyeyeye...!!!


Aku senang sekali akhirnya oda menggambar pertarungan ala martial arts setelah sekian lama. Yah, apalagi setelah tayangnya the raid 1 dan the raid 2:berandal, aku makin suka dg pertarungan tangan kosong seperti ini,hehehe. Di colloseum sebenarnya kenpo kano kuni nya sai bisa menggambarkan itu, tapi sayangnya oda memperlihatkannya sedikit sekali. Yah, martial arts terbaik one piece masih tetap scene awal luffy vs rob lucci sih..tapi tetap saja battle luffy vs doflamingo saat ini juga sangat keren! Kans nya doflamingo harus dibuat lebih heboh, tentu saja!

martial arts brooo...lalalala yeyeyeye!!!!

Sedikit catatan, rupanya biarpun doflamingo sudah cedera, haki nya masih lebih unggul daripada luffy. Luffy sampai harus menggunakan dua tangan dilapis haki untuk bertahan tapi tetap saja dia terpental. Sehebat itukah doflamingo?aku jawab ya!hahaha…tapi dengan keadaannya yang cedera tsb, sepertinya refleks dan kecepatan doflamingo sedikit goyah sehingga berkali2 dia kena gaplok luffy.


 **** flashback doflamingo. Ke empat eksekutif(trebol,diamante,pica, dan vergo) ternyata otak dibalik bajak laut doflamingo ini. Lagi2, haki haoshoku lah yang menyebabkan mereka tertarik pada doflamingo. Dengan berdasarkan ini, empat orang itu hendak menjadikan doflamingo raja lautan dan memang, mereka melindungi doflamingo secara over protective. Lha liat aja, gegara dofla kesandung gundukan tanah aja, satu kota dibakar oleh diamante. Kan aseeemm…


Inipula yang sepertinya jadi penyebab kenapa doflamingo juga begitu over protektip terhadap baby 5(terhadap keluarga lain juga), semua orang yang hendak memanfaatkan si maid cakep ini dibunuh semuanya oleh doflamingo. Sebuah hubungan menarik antar anggota bajak laut doflamingo. Nyaris hampir sama seperti bajak laut topi jerami, namun dalam versi ekstremnya. Andai saja arc dressrosa lebih mengenalkan karakter masing2 kru dofla dan porsi bertarung mereka sedikit ditambah, mungkin akan jadi cerita yang lebih dalam. Namun tentu saja, arc dressrosa yang sudah panjang ini bakal tmbah panjaaaang lagi karena sudah dijejali semacam even colloseum,greenbit,rencana SOP dll.


 ****trending topic minggu ini….polemik apakah trebol paramecia atau logia!!!!tubuh asli trebol yang kurus itulah yang jadi penyebabnya. Semua orang terkecoh. Semua orang tertipu. Semua orang kena troll,TERMASUK AKU JUGA!!!!semua orang, selain oda sensei tentunya,hahaha. Sialan, red herring nya oda bener2 maknyuss. Dari awal trebol dimunculkan, semua clue mengarahkan kalau dia adalah logia. Saat trebol menjaga sugar, saat trebol bertarung di pabrik melawan usopp,melawan robin,saat trebol ditebas radio knife nya law. Semuanya! Dan oda langsung merusak ekspektasi kita yang sudah terbangun kokoh ini. Menghancurkan berkeping2 dalam satu chapter, satu adegan ditebasnya trebol oleh law!huahahahaha….


Macem2lah teori fans tentang tubuh kurus ini. Sebenarnya aku sepemikiran, tapi kalau aku muat juga ke dalam review ini mungkin bakal terkesan basi,hehehe jadi aku simpan saja. Oke, ada satu lagi yang terluput dari trik si trebol ini untuk mengecoh orang2,luffy dan termasuk juga sebagian besar fans, bahwa oda sudah menggunakan trik ini, bahkan jauuuuhhhh saat one piece masih berjalan kurang dari 50 chapter(saat dada nami masih kecil,hahaha). Yaps, trik trebol bukanlah hal yang baru. Menyembunyikan tubuh asli untuk mengecoh lawan sudah pernah dilakukan oleh salah satu nyaban brothers di arc desa syrup,kampung halaman usopp-chapter 32-dan korbannya tidak tanggung2,zoro yang jadi lawannya terkecoh. Sebagaimana trebol,nyaban ini pun punya tubuh asli kurus dan dalam tipuannya dia terlihat bungkuk. Hanya, dia bukan lah DF user.

"dia benar2 kurus!!!" kata usopp
dan luffy mengatakan hal yang mirip di chapter ini!!!


Jadi, kesimpulannya trebol memang pengguna DF paramecia, bukan DF logia sebagaimana yang kita pikir selama ini. Apa yang kita lihat bahwa trebol bisa ‘meleleh’ seperti logia, itu hanya terjadi pada mantelnya. Trebol memang terlihat ‘menghasilkan’ umbel(lendir) :D dari tangannya tapi dengan terlihatnya tubuh aslinya, bisa dipastikan dia tak bisa mengubah dirinya menjadi lendir itu sendiri. Tentu saja begitu karena, untuk apa repot2 menyembunyikan tubuh kurusnya dibalik tebalnya mantel beta2 no mi demi melindungi tubuhnya kalau dia bisa berubah jadi logia?terlebih serangan law yang membuat trebol cedera bukanlah serangan yang menggunakan haki!ini sudah pasti ciri2 dari paramecia.


Twist keren dari oda. Dan dampaknya memang, untuk kali ini nama si manusia umbel satu ini,trebol bakal jadi topic utama pembahasan one piece untuk satu minggu ke depan,hahaha.


 ****tontatta merasakan kelegaan saat trebol tertebas pedang law. Hmm..sejenis firasat juga kah ini??entahlah, yang pasti suara trebol saat terkena sabetan pedang law sama persis dengan suara tontatta yang di injaknya di pabrik boneka. Pigyaaaa…gitu deh.


 ****trebol memercikkan api ke umbelnya yang berceceran disekitar law. Kita tahu bahwa umbel satu ini mudah meledak dan trebol tidak lah termasuk yang tak mempan sama efeknya ini, namanya juga paramecia. Dan benar saja, trebol bermaksud membawa dirinya mati bersama law. Bom bunuh diri atau istisyahidah versinya al Qaeda sana. Law tak bisa bergerak karena perangkap umbel begitu juga dengan luffy. Keduanya bakal kena efek ledakan. Kalau nggak gosong yaaa…badan mereka bakal meletup kayak brondong jagung. Jadi boleh dibilang, ini adalah situasi kritisss. Dan kalau sudah begini, mesti ada ‘seseorang’ yang berperan jadi penyelamat mereka dan ta-daaaaa…..


Sabo yang di chapter lalu sedang berlari2 menuju istana, kemungkinan bakal jadi penyelamat mereka…!!! Mungkin dengan hibashira ala ace saat menyelamatkan luffy dan mr. 3 dari serbuan marine di perang penentuan lalu atau teknik lainnya. Yaps, sabo. Aku tak terpikirkan hal lain selain ini,hehehe. Tapi dengan begini,doflamingo jadi dikeroyok dong??yah…aku yakin luffy bakal mencegah itu dan lebih memilih menyuruh abangnya menyelamatkan law.
But, jangan terlalu berharap alurnya bakal semulus itu,hahaha. Saat ini yang kita bicarakan adalah one piece!manga shonen dg story yang holyshit buatan mangaka yang jancoeg tenan bernama eiichiro oda,hahaha.


 Jadi, sekali lagi narrative hooks yang oda kasih di chapter ini lagi2 jadi salah satu kenikmatan mengasyikkan yang one piece miliki. Rasa penasaran dengan clue2 yang mengalir di chapter sampai terakhir, bakal menyisakan bahan untuk di analisa dan di bahas sampai minggu selanjutnya, bahkan terkadang clue2 itu baru bisa kita tahu pemecahannya lama setelah kita nyaris melupakannya. Angkat topi buat oda sensei!


Yaps, dengan ini juga review ku buat chapter kali ini musti berakhir. Sampai ketemu lagi di chapter selanjutnya…


Hesooo…!!!

No comments:

Review Manga One Piece Chapter 930 : Kota Ebisu

Chapter yang penuh intrik. Ada banyak hal tersirat yang bisa kita kupas di chapter ini. Yuk kita kupas