Labels

Friday, March 9, 2018

Review One Piece Chapter 897: “Rencana Pelarian Pulalu Cacao Pekoms”

      

 Hesoo...!!!


Kelanjutan Chapter 896, One Piece chapter 897 akhirnya rilis juga setelah seperti biasa kita harus menunggu selama seminggu penuh. Menunggu scanlation rilis dan plusnya, scan berbahasa indonesia nya yang kira-kira butuh waktu semalam setelah versi bahasa inggris rilis. Bagi yang inggrisnya lancar, terkadang versi inggris lebih mengena dalam menterjemahkan daripada versi indonesia terkecuali scanlation indonesia nya dapat raw langsung versi jepangnya. Begitulah..
 
Chapter 897: “Rencana Pelarian Pulalu Cacao Pekoms” menghadirkan cerita yang cukup menegangkan, menyambut klimaks dimana Big Mom melahap Kue buatan Sanji, kemungkinan bentrokan bahkan perang antara Germa 66 vs Anak-anak Big Mom di pulau Cacao dan kelompok Topi Jerami yang terjebak berusaha melarikan diri  di tengah-tengahnya. Ini masih dalam tahap pemanasan, namun keseruan chapter ini  bisa dirasakan lewat banyaknya double spread alias panel-panel dua halaman yang digabung jadi satu. Sangat menegangkan, meskipun ada teori saya  seperti kemunculan Germa yang membantu Luffy Sanji lolos jadi kenyataan, unsur kejutan dalam chapter ini masih ada. Jadi, mari kita kupas chapter ini helai perhelai seperti mengupas bawang bombai. Enjoy!
 
1.       Cover Story mulai mengupas satu persatu anggota bajak laut raksasa rekan dari Hajrudin. Dilihat dari tongkrongannya, jelas yang satu ini adalah tukang kayu. Dimasa depan saat Hajrudin berkumpul dengan Luffy sebagai  aliansi, orang satu ini kelihatannya bakal cocok dengan Franky. Dengan tubuh raksasanya dan ketrampilan bertukangnya, dia bisa jadi partner yang hebat dalam membangun armada Topi Jerami dan aliansi dimasa depan.
 
Shirohige memiliki Blenheim,Jozu dan Oars junior yang memiliki tubuh raksasa, dan Luffy bakalan punya lima! Calon raja bajak laut masa depan memang istimewa, itu belum ditambah oimo dan karsei yang mereka selamatkan di enies lobbi!
 
2.       Perubahan penghuni  Zou menjadi monster ganas yang disebut sulong di saat melihat bulan purnama sepertinya ide yang diambil dari akira toriyama dimana son goku dan bangsa saiya lain akan berubah jadi monyet besar saat melihat bulan purnama. Ide ini sebenarnya adalah cerita rakyat Eropa tentang werewolf, manusia yang berubah jadi manusia serigala saat bulan purnama muncul.
 
Sulong pekoms sendiri dimasa lampau(saat dia bisa dihentikan oleh pedro dan hanya pedro) mirip perubahan son goku menjadi kera. Entahlah, itu kesan yang saya rasakan saat membaca bagian ini.
 
3.       Bagaimana nasib Pekoms?? Sayang sekali walaupun rencana yang diutarakan pekoms di dalam dunia cermin lumayan bagus, yang dia hadapi adalah kru Big Mom yang terlatih menghadapi situasi genting. Jadi meskipun dia  menjadi sulong, dengan segera tinju panas oven menghajarnya dan dia langsung dilumpuhkan lewat matanya ditutup. Dan yang mengerikan, ada salah seorang yang nyletuk agar mata pekoms dicungkil! Bujubuneng, benar-benar tabiat bajak laut!
Di review minggu lalu saya sendiri menulis bahwa pekoms bisa memanfaatkan cangkangnya untuk menyembunyikan atau melindungi Luffy dari serangan-serangan yang akan muncul, namun ternyata pekoms lebih ceroboh dari itu. Andaikan pekoms menggunakan tempurung kura-kuranya dan tetap ngotot berubah jadi sulong, ada kemungkinan defense dia akan kokoh. Namun ternyata oda berkata lain. Jadi bagaimana kelanjutan nasib si penggertak bermuka imut ini? Pekoms memang bertekad seperti pedro, mengorbankan diri demi Luffy dkk. Saya sih tidak yakin oda akan mematikan karakter ini di arc nya big mom. Apalagi ditambah kenyataan bahwa ada clue dari oda sensei pekoms yang kelak akan jadi kepala suku yang baru di pulau Zou menggantikan nekomamushi dan inuarashi, lewat ucapan luffy yang memanggil pekoms dengan “pekomamushi”.
 
 
4.       Kru Big Mom yang terdiri dari anak-anaknya sendiri sangat kompak! Hal ini dibuktikan dari  betapa matang persiapan mereka dalam menyambut pelarian Luffy dari dunia cermin. Yang tidak mereka prediksi tentu saja kekalahan katakuri! Itu kenapa mereka masih menganggap Luffy lolos dari dunia cermin dengan jalan mengecoh katakuri.
 
Kemampuan anak-anak Big Mom dalam pertarungan-pertarungan dan pengalaman yang banyak  ditambah adanya  ikatan keluarga mereka menjadikan mereka sangat solid dalam kerjasama. Yang mirip-mirip dengan mereka adalah kru bajak laut Shirohige dan aliansi, dimana mereka satu sama lain menganggap masing-masing adalah saudara satu ayah yaitu shirohige. Itu kenapa konsolidasi bajak laut shirohige saat perang marineford sangat kuat. Inilah level dari yonkou. Bahkan saat akhirnya Sanji dapat membawa Luffy dengan memakai geppou sudah ada yang menanti mereka di udara dengan geppou pula. Dan saat mereka akhirnya dijatuhkan di pantai, puluhan anak buah lain sudah mengacungkan senjata  tepat ke arah Sanji dan Luffy, yang andaikan bala bantuan dari Germa tidak datang mereka pasti sudah wassalam.
 
5.       Entah kenapa Saya agak kecewa dengan penggambaran Sanji oleh oda sensei after timeskip. Perannya sebagai otak strategi kelompok topi jerami berkurang drastis, bahkan kemampuannya tidak terlalu kelihatan pesat setelah timeskip terkecuali saat menghajar pacifista. Berulangkali memakai diable Jambe, menjadikan teknik  pamungkas yang diperlihatkan secara luar biasa oleh oda di enies lobbi ini jadi seperti useless. Geppou yang diperoleh Sanji secara ajaib saat dikejar makhluk paling mengerikan di muka bumi-banci Kama Land- ternyata hal yang umum di new world. Yang paling parah itu mungkin saat adu kekuatan dengan Doflamingo, diable jambe Sanji samasekali tidak berasa apa-apa ke doflamingo yang masih cengengesan! Ayolah oda sensei, berikan Sanji scene-scene epik dan jurus keren seperti dulu lagi!
 
 
6.       GERMA akhirnya muncul!! Kemunculannya epik bener, saat Luffy dan Sanji diambang maut, dengan kecepatan super mereka sudah jadi tameng tembakan yang diarahkan ke Luffy dan Sanji. Kelihatannya bakat cepat ini menurun pula pada Sanji, tentunya selain latihannya itu.
 
Sanji bakalan ikut bertarung, sedangkan Luffy sudah kelelahan setelah bertarung habis-habisan akan melewatkan pertarungan besar antara Germa vs bajak laut big mom ini.


 
Perang akan terjadi antara Germa vs bajak laut Big Mom. Arenanya akan ada dua, di darat dan di laut. Jika oda sukses menggambarkannya, barangkali ini akan jadi pertempuran terdahsyat setelah time skip. Antara pasukan klon dan anak-anak big Mom, pasti akan sangat epik dan juga berpengaruh sangat baik bagi Germa maupun kerajaan tottoland.  Hal lain yang akan berpengaruh adalah dengan kehadiran mereka di reverie, sebab Germa bagaimanapun juga masih dianggap sebagai bangsawan dunia walau tanpa wilayah.
 
Seharusnya, Sanji memanfaatkan kekacauan ini dan lari membawa luffy ke thousand sunny. Kelihatannya setelah diselamatkan nyawanya sanji akan bertarung bersama, jawabannya besar kemungkinan akan kita lihat di chapter 898 mendatang.
 
7.       Dengan adanya perang di pulau Cocoa, perhatian pada big Mom agaknya sedikit teralihkan.  Rencana Bege terhadap Big Mom memang masih belum tertebak namun jika nanti Big Mom akhirnya makan kue tersebut dan pingsan(akibat efek luar biasa enaknya kue tersebut) peluang Bege lolos akan semakin lebar karena pingsan di tengah laut adalah problem besar bagi pengguna buah iblis. Anak-anak Big Mom sudah pasti akan lebih mengutamakan keselamatan Big Mom-konsentrasi mereka akan pecah.
 
Yang repot jika ternyata Big Mom keburu sadar dan baik kelompok Topi Jerami maupun Bajak Laut Gang Bege dan Germa belum lolos dari situ. Sadarnya Big Mom akan membalikkan keadaan jadi tidak menguntungkan bagi mereka dan pelarian ini bakal jadi lebih rumit.
 
 
Pada akhirnya, arc ini konfrontasi pertama Luffy dengan Big Mom secara langsung. Bukan dalam perang puputan melainkan adegan kucing-kucingan sambil bertarung mempertahankan diri. Klimaks arc ini hampir sampai pada puncaknya setelah puzzle-puzzle yang ditebar oda sensei mulai disatukan. Bagi kita selaku pembaca setia manga ini, chapter selanjutnyalah yang jadi jawaban berbagi tanda tanya dan prediksi-prediksi yang muncul sebagai respon chapter yang telah rilis. Selamat menikmati dan...Heso!!!


No comments:

Review Manga One Piece Chapter 930 : Kota Ebisu

Chapter yang penuh intrik. Ada banyak hal tersirat yang bisa kita kupas di chapter ini. Yuk kita kupas