Labels

Tuesday, February 13, 2018

Review Film: Cloverfield(2008)



Sudah banyak film-film bergenre monster/alien yang bermunculan dari jamannya kingkong pecinta wanita yang naik empire state building lalu jatuh mati sampai reboot terbarunya tahun lalu. Diantara film monster-monster tsb ada satu yang disajikan secara unik bertajuk cloverfield yang rilis 2008 lalu, Di produseri boss star wars dan star trek J.J abrams dan disutradai matt reeves. 

 Apa yang unik dari film ini?


 Jika godzilla 2014 dan shin godzilla bersusah payah mengambil sudut pandang dari manusia yang terdampak kedatangan monster dengan hasil nanggung,maka cloverfield melangkah lebih sukses. Seakan akan kita sendiri termasuk penduduk yang lari bertemperasan diantara kaki-kaki monster di tengah kota. Sangat mencekam dan nyata! Adalah rob hawkins(michael stahl-david) terbangun setelah bermalam dan enya enya dengan TTM(teman tapi mesum)nya beth(odette yustman) di apartemen bokapnya beth di columbus circle, new york tanggal 27 april. Mereka berencana nge date di coney island dihari itu.

 22 mei adik rob, jason(mike vogel) dan ceweknya lily(jessica lucas), mempersiapkan syukuran kecil-kecilan untuk rob yang dipromosikan di perusahaannya di jepang. Jason kasih pinjem kameranya pada hud(t.j miller) sohib rob, untuk merekam ucapan perpisahan dari teman dan kerabat di pesta itu. Hud yang mungkin lagi jones(jomblo nestapa) memakai kesempatan tsb untuk modus kepada gadis tomboi yg manisnya tumpeh-tumpeh,marlena(lizzy caplan-g). Dan sayangnya,dia tak berbakat jadi raja gombal dan akhirnya gagal. 

 Ditengah pesta beth datang dengan gebetannya,membuat rob jadi murka. Terjadi pertengkaran dan kedua sejoli pergi meninggalkan rob yang patah hati remuk redam tak berkesudahan. Sebagai bentuk ekspresi kesedihan seorang pria dewasa,rob beranjak ke balkon dan menangis ria dihibur sobatnya hudson. Sesaat setelah speak speak penuh penghiburan dari hud,bumi gonjang ganjing bergoyang bagaikan caesar. Listrik mati dan terdengar ledakan keras disertai suara auman sesuatu. Apakah yang terjadi?silahkan pembaca tonton sendiri film nya,nanti jadi spoiler. 

 Cloverfield diantara film yang mengambil style footage,dimana scene scene diambil lewat kamera handycam sehingga tercipta atmosfir seperti video rekaman amatir, dan itu sangat berhasil. Sudah lumrah di dunia perholywoodan, Dimana ada monster alien setinggi seratusan kaki,disitu pula ada kehancuran kota dan bencana. Pun hal tsb tidak dialpakan dalam film ini. Gedung runtuh,jembatan roboh,dll sampai patung liberty yg kepalanya lepas dan menggelinding di tengah pemukiman, jadi sajian di dalam film. namun dengan gaya footage, nuansanya begitu real seolah olah itu kepala nyasar di jalan depan rumah kita. Dan untuk yang satu ini, saya kasih te o pe dah.

"Jangan Tembak Ketekku..."



 Bagaimana dengan jajaran akting para cast nya? 

 Favorit saya di film ini adalah hud si kameramen yang akhirnya tewas di mamah si monster alien. Aktingnya sambil merekam bikin saya kembang kempis karena tegang lur! Bunyi napasnya yang naik turun menghiasi rekaman,dan si hud ini seringkali komen yang bagi saya itu lucu. Dark humor maksudnye. Sempat-sempatnya pula doi ngemodus marlena di subway saat mereka dikejar kejar parasit si monster. 😂😂😂

Mas Hud yang doyan modus


 Cast lain bisa dibilang lumayan dg catatan si rob saat scene jembatan nerima telpon beth aktingnya keliatan kurang joss,jauh menarik melihat mbak marlena yang membungkuk ketakutan ditengah jalan beraspal. Film ini cocok dengan ente yang demen film alien dan monster,namun nggak disarankan buat mereka yang gampang mual. Karena style film ini bisa membuat kepala jadi pening dan mual mual bagi yang nggak terbiasa.

 Selamat menonton!

Rating :
7.5/10

x

No comments:

Review Manga One Piece Chapter 930 : Kota Ebisu

Chapter yang penuh intrik. Ada banyak hal tersirat yang bisa kita kupas di chapter ini. Yuk kita kupas