Labels

Wednesday, February 28, 2018

Review Dewa 19 : Album Selftitled

 
Nama Dewa 19 tentu tak asing terdengar di telinga penikmat musik tanah air,mengingat kiprah mereka yang begitu berpengaruh di blantika musik indonesia selama ini. Band yang sekarang sudah bubar(band nostalgia kalo kata ahmad dhani) ini diawal berdirinya digawangi oleh Dhani Ahmad,Erwin prasetya,Wawan juniarso dan Andra Ramadhan yang huruf awal nama mereka dijadikan nama Band. Sedep-sedep gimanaaa gitu,sebab bikin nama band yang langsung klik di telinga orang itu memang susah.


Dewa 19 terbentuk tahun 1986 dan mulai menunjukkan tanda-tanda sukses saat bergabungnya vokalis bersuara emas bernama arie bernardus lasso. Lewat duit pinjeman, Dewa 19 memulai rekaman dan menawarkan materi lagu mereka ke label-label musik terkenal di kota jekardah dan ditolak! Dhani yang ga kenal menyerah akhirnya berhasil meyakinkan Oom Djan Juhana,produser musik dari team record yang berjaya melambungkan Kla project beberapa tahun sebelumnya. Dan segera dirilislah album pertama Dewa 19 berjudul sama dengan nama band. Tak berapa lama album yang mengusung single berjuluk "kangen(ku akan datang)" meledak di pasaran dan langsung diganjar penghargaan band pendatang baru terbaik 1993. Lewat album inilah, Dewa 19 'belah duren' meniti jalan kepopuleran dan dalam secuil tahun mereka sudah disejajarkan dengan band-band besar nan mapan semacam Slank dan Kla Project.


ari,wawan,andra,erwin dan dhani...jadul semua

REVIEW:
berikut list lagu yang ada di album yang bercover piramida ini:

1. KANGEN
ini lagu dibikin dhani saat dhani kangen sama pacarnya,kata ari lasso. Apakah lagu ini dibikin untuk maia ex-ahmad??sori saya ga demen infoTAInment,wkwkwkwk..

Lagu ballads ini dikatakan dhani sedikit terinfluence dari lagunya white lion-youre all i need. Jika diperhatikan emang nuansa white lionnya berasa banget terutama pada petikan gitar andra yang ciamik itu. Yups, intro lagu ini emang bagian terbaik dari lagu disamping tentu saja vokalnya ari lasso yang tinggi melengking namun merdu. Permainan bass nya erwin jadi latar lagu yang nambah bikin kangen jadi manis. Paruh awal lagu memang sederhana namun indah didengarkan. Liriknya pun sederhana dan puitis. 'Semua kata rindumu semakin membuatku tak berdaya menahan rasa ingin jumpa'. Bikin klepek-klepek pasangan LDR jaman old yang belum mengenal WA,Bbm dan segala tetek bengek per medsosan.
ari lasso di "kangen"

Menurut oom Djan juhana, lagu kangen inilah yang beliau rasa mempunyai kekuatan sebagai single. Sehingga jadilah kangen single pertama Dewa 19, dan langsung meledak. Dewa jadi terkenal, dan langsung dibikinin video klip yang syutingnya dilakukan di stasiun lama di kota jogja. Semuanya masih keliatan norak, ari lasso aja sepintas keliatan mirip mandra,hahaha. Tapi bagi saya pribadi, vidklip kangen adalah video klip Dewa 19 yang paling berkesan, entah mungkin karena tampilsnnya yang klasik atau menilik bahwa saya paling suka lagu ini diantara seluruh lagu-lagunya Dewa 19,berbanding terbalik dengan dhani yang justru paling tidak suka lagu ini diantara lagu dewa lain.

Lagu kangen di cover berbagai artis beberapa kali. Diantaranya ada denada, chrisye, dan dewi-dewi yang dibikin versi ngerap. Kesemuanya yang bagus cuma versi chrisye saja.

2. Kita tidak sedang bercinta lagi

Ini lagu beatnya asik banget, enak buat joged. Campuran apik antara rock dibalut pop yang cukup easy listening. Single kedua setelah kangen, lagu ini termasuk yang banyak di request pendengar radio di jaman itu.

Dewa 19 mengangkat tema seorang yang tobat dari ajakan maksiat TTM (teman tapi mesum)nya. Bisa dilihat saat ari berteriak "aku hanya ingin bertemu bukan untuk melepas nafsuu wooo !!". Lagu ini dua kali dibawakan kembali saat ari solo karier, duet bareng ratu yang saat itu digawangi pinkan mambo dan maia ex-ahmad. Yang kedua bareng raisa yang hasilnya lumayan memilukan. Raisa sok-sokan ngambil nada tinggi nya arie jadinya akhirnya fals,ditambah doi yang ga hafal liriknya. 'Bukan untuk melepas nafsu' jadi 'bukan untuk membuka pintu'. Kan aneh jadinya. Pada fade out lagu ini kedengeran lengkingan tinggi Ari Lasso yang mantap suratap. Gak kalah sama lengkingan vokalis sejamannya, arul efransyah.

3. Bayang-Bayang

Masuk jajaran lagu-lagu mellow mendayu-dayu ala Dewa 19. Ini mungkin bisa dikatakan sebagai pendahulu Dhani menciptakan ballads abadi Dewa 19 “Cinta ‘kan membawamu kembali”. Lagu didominasi oleh dentingan keyboard Dhani yang sentimentil, dengan lirik lagu cinta yang mengharu biru. Bayang-bayang dinyanyikan arie lasso dengan penuh nada sendu, melodi andra ditengah lagu menambah sentimen cinta yang kandas “saat ku terlena dalam buaian mimpi..kucoba tuk menghalau angan yang mengusik mimpiku..”. hanya saja liriknya tidak selugas lirik lagu cinta zaman sekarang. Puitis.

4. Selamat Pagi

Setelah tersedu-sedan tanpa harapan atas cinta yang telah pupus di Bayang-bayang, Dewa 19 mengajak pendengarnya menyambut esok pagi yang penuh optimisme di nomor “Selamat Pagi”. Bercorak musik yang mirip van halen dan europe, gitar andra dan keyboard Dhani saling bersahut-sahutan. Rythem section antara Wawan dan Erwin pun mantap dan kokoh. Vokal Arie, jangan ditanya dah. Mulai Selamat Pagi dan lagu-lagu selanjutnya di album ini, Ari lasso mulai ngambil nada-nada tinggi yang susah buat dibawain vokalis lain.

5. Swear

Lagu berbahasa inggris pertama Dewa 19, dan lagu ini coraknya Toto banget nget. Mulai pemilihan sound keyboard sampai melodi gitarnya Andra. Tapi bukannya jelek lho ya, malah swear jadi salah satu favorit saya di album ini. Vokalnya arie lasso men, gila abis. Tinggi, melengking, sangat merdu. Lembut diawal lagu dan meninggi pada reffrain. Paruh terakhir lagu swear bener-bener nunjukkin kualitas vokalnya ari lasso yang luar biasa. Tinggi banget gan. Lagu ini menceritakan tentang komitmen seseorang terhadap janjinya pada wanita yang disayanginya. Romantis dah,nggak kalah klepek klepek sama lagu kangen diatas,hehehe.




6. Bayi 19

Nggak tahu kenapa dinamakan seperti ini. Bayi 19 adalah musik instrumental ala Dewa 19 yang ciamik,teristimewa nunjukkin gapenya kang andra ramadhan maen gitar. Lagu ini Agak fusion dan jazzy dikit, namun tetap berada dijalur ngerock.

7. Rein

Dari album pertama sampai album keempat-pandawa lima Dewa 19 selalu bikin satu lagu yang ngambil judulnya dari nama orang. Rein ini salah satunya. Tema lagunya mirip dengan lagu kangen,dengan nuansa jazz yang kental, apalagi saat dibawakan live. Lagu ini juga pertama kalinya Dhani ngikut nyanyi disamping ari lasso. Suaranya dhani nggak jelek-jelek amat kok, malah dibanding dengan warna suaranya yang sekarang dhani lebih merdu di awal-awal kariernya bareng Dewa 19.

8. Dewa dan si mata uang

Saya kurang paham makna lagu ini baik dari judul maupun liriknya, sepertinya Dhani sedang menggambarkan seorang berprofesi sebagai Pelacur atau seseorang yang doyan enya-enya dalam bahasa penuh samar-samar?? hanya saja musiknya rock n roll banget. Asik buat jejeritan dan ngebut dijalan. Ari Lasso lagi-lagi mengumbar nada-nada tinggi sepanjang lagu yang bertempo cepat menghentak ini.

9. Hanya Mimpi

Naaaaahhhh.....di lagu inilah ari lasso bener-bener ngamuk sodara-sodara..buset banget dah lengkingan-lengkingannya dia di lagu ini. Boleh dibilang ini love hurts nazareth versi Dewa 19. Lagu patah hati yang dibawakan dengan penuh kemarahan oleh arie lasso. Mungkin pas nyanyi ini doi habis ditolak cewek apa habis putus kali ya??


Judul : Dewa 19
Artist : Dewa 19
Release : 1992
Score review : 7.5 keseluruhan, 9 untuk vokalnya arie lasso dan 8 untuk permainan gitarnya andra ramadhan.

No comments:

Review Manga One Piece Chapter 930 : Kota Ebisu

Chapter yang penuh intrik. Ada banyak hal tersirat yang bisa kita kupas di chapter ini. Yuk kita kupas