Labels

Saturday, October 27, 2018

REVIEW ONE PIECE 922 :



 Heso..!!

One piece chapter 922 sudah terbit dan seperti minggu kemarin, Oda masih membuat kita-kita para pembacanya heboh dengan scene akhir chapter. Kalau minggu kemarin Oda ngetroll dengan langsung memperlihatkan bentuk shen long-nya Kaidou, minggu ini oda ngetroll lagi dengan memperlihatkan Luffy menggetok kepala kaidou! Hahaha...dan terjadi lagi dah. Fans ke troll setelah kemarin terkagum-kagum oleh bentuk naganya kaidou yang sepertinya tak tersentuh. Naga gitu loh. Lha siapa sangka di chapter yang baru Luffy menggetok kepala kaidou sampe kaidou melet!Pake gear 3dr elephant gun pula..!!


JUDUL CHAPTER :

Kaido di wanokuni dipanggil dengan sebutan Jendral dan Orochi dipanggil dengan sebutan Lord. ini bukan berarti Kaido adalah bawahan Orochi atau Orochi mempunyai kekuatan diatas Kaido. ini lebih karena Wanokuni(yang terinspirasi Jepang era tokugawa) yang menutup diri dari dunia luar, sehingga masyarakat sana masih terikat dengan tradisi seperti Shogun harus dari orang Wanokuni dan bukannya dari orang luar.

Tapi bukan berarti Kaido tidak punya kekuasaan. sudah jelas sekali terlihat bahwa Kaidolah penguasa dibalik layar Wanokuni, dimana orochi tak lebih dari seorang boneka. ini terlihat saat orang-orang ketakutan saat Kaido muncul dalam bentuk naga, yang ditakutkan dia akan menghancurkan kota secara sembarangan.

hubungan Kaido dan orochi seperti bentuk simbiosis mutualisme. Kaido mendapatkan tempat aman dan nyaman dari angkatan laut sebagai markas, sedang Orochi mendapat pengakuan dari masyarakat sebagai penguasa Wanokuni setelah sebelumnya dibantu Kaido menumbangkan Oden.


NASIB NAMI DKK

Kaido tanpa ba bi bu menembakkan heat breath tepat ke arah kastil oden, dimana nami, sanji, kinemon dan yang lain bersembunyi. selamatkah mereka?
untunglah disana ada Kinemon yang punya julukan rubah api. saya rasa dengan kekuatannya yang mampu memotong api damage yang diterima kawan-kawan luffy tidak akan besar.


 DRAGON

Boleh dikatakan, ini adalah kali ketiga yang melibatkan pertarungan dengan naga setelah peristiwa di Punk Hazard melawan naga yang entah datang darimana. Bicara soal naga dan keberadaannya, mungkin ada sebuah pulau di Grand Line yang merupakan habitat para naga yang bisa menyemburkan api. Dua diantaranya dibawa oleh pihak World Government untuk menjaga sebuah fasilitas pemerintah di Punk Hazard.

Karena keberadaan naga inilah, maka "derajat" dari DF disebut sebagai MYTHICAL mungkin sedikit menurun. Namun hal ini tidak benar juga mengingat DF Drake saja yang notabene disebut sebagai DF ANCIENT ternyata ditemukan dinosaurus di Pulau Little Garden(baca cerita little garden-raksasa burogy dan dorey di volume 13-15).

Hal yang semacam inilah yang menimbulkan spekulasi bahwa: semua kekuatan DF Zoan memiliki kenyataan di dunia, artinya ada Phoenix di dunia, ada Great Budha di dunia, serta kekuatan lain yang barangkali dianggap MYSTICAL atau ANCIENT yang ternyata memiliki relevansi yang artinya lagi: sepanjang makhluk itu eksis di dunia, maka DF Zoan makhluk itu juga eksis.

Kembali ke Naga

Naga yang menyemburkan api sudah digambarkan sejak MONSTER dirilis Oda dalam manga WANTED. Bahkan semua keberadaan naga (selain Momo) digambarkan mampu menyemburkan api. Nah dari sini kita meyakini bahwa Oda tipe orang yang menggambarkan naga sebagai makhluk penyembur api. Karena itulah jika memang benar DF yang dimakan Kaido adalah "DF Ryu-ryu no mi", maka kemampuan menyemburkan api itu memang kemampuan dari naga-nya bukan dari kemampuan Kaidou-nya.



Bicara soal api, maka kita tahu bahwa karet sangat lemah terhadap api, ini juga menjadi kendala Luffy bagaimana menghadapi musuh macam Kaidou. Barangkali naga di Punk Hazard  terlihat lemah buat Trio Monster meski berukuran sangat besar, wajar saja karena di Punk Hazard, naga itu hanyalah "binatang biasa". Gak jauh beda sama kalau Luffy berantem ngelawan serigala, jerapah atau leopard, tinggal di haoshoku haki bakal semua tepar. Namun jika Zoan, maka lain cerita karena yang dilawan adalah manusia dengan kemampuan binatang apalagi jika yang dilawan selevel Yonkou.

Anggapan naif pembaca semisal itulah yang terkadang membuat para pengguna Zoan seolah diremehkan, padahal menurut Lucci saja pengguna Zoan adalah petarung terkuat karena bisa meningkatkan kekuatan berkali-kali lipat saat bertransformasi. Hal ini berbeda dengan Logia atau Paramecia yang level tubuhnya masih sama meski sudah bertubuh Logia atau Paramecia. Dan sekarang kita bicara tentang Yonkou dengan DF yang tidak terbayangkan.

Sekarang bagaimana Luffy bisa menyelesaikan apa yang telah dia mulai? FYI, naga juga punya sisik yang sangat keras, ditambah level Kaidou, gak kebayang sekeras apa tubuh naganya. Curiga apa yang dilakukan Luffy sangat tidak berpengaruh apa-apa.

Melawan Naga

Segmen ini penting karena di Flashback Shutenmaru, diperlihatkan bahwa para samurai bertarung melawan Kaidou dalam bentuk naga dan hebatnya mereka bisa bertahan hidup. Entah Kaido yang sengaja tidak full power menghabisi mereka atau para samurai ini yang kelewat kuat sehingga bisa lolos dari Kaidou tanpa cacat. Apalagi perawakan Shutenmaru yang tidak menggambarkan samurai (gemuk, tampang bodoh, kaki pendek) ternyata merupakan seorang samurai yang bahkan Kaidou ingin menjadikannya anak buah karena mengingat pertarungannya yang hebat di masa lalu.

Melihat samurai-samurai ini, apakah Kaidou hanya menaruh perhatian pada Shutenmaru atau pada samurai Oden lainnya? Kalau begitu apakah 3 samurai yang diminta Kinemon malahan sudah bersekutu dengan Kaidou? (abaikan isu kalau Shutenmaru adalah Ashura Douji)

Jika melihat apa yang dilakukan Shutenmaru, maka hal yang sama pun juga dilakukan oleh Kinemon dkk. Entah bagaimana mungkin saat melihat istana Oden dikepung api, hanya 4 sekawan ini yang berhasil masuk ke istana buat menyelamatkan Lady Toki (mungkin dengan kekuatan Kinemon). Yang pasti adegan saat bertemu Lady Toki dan selanjutnya, semua samurai yang bertarung melawan Kaidou di luar istana sudah tidak mendapati keberadaan 4 orang itu + Momo dan keluarganya. Barangkali sejak saat itu Shutenmaru dan samurai lainnya mulai mundur dan menjadi ronin selama 20 tahun. Entah apakah mereka tahu kekuatan Lady Toki sebenarnya? Bagaimana reaksi Shutenmaru saat bertemu Kinemon yang bahkan tidak bertambah tua selama 20 tahun?



Multiple Personality Disorder

Ini hanya sekedar prediksi mengenai "kelainan" Kaidou. Jika Linlin punya kelainan di makanan (artinya kalau lagi ngidam, dia akan menjadi seperti orang lain), maka kelainan Kaidou justru saat dia sedang mabok, maka kepribadiannya akan berubah drastis entah itu menjadi pemarah, pemaaf, sentimentil, suka menangis, ngomong ngawur, bahkan bisa saja jadi pribadi yang menyenangkan.

Intinya apa yang ada pada Kaido tergantung mood-nya. Kalau sedang temperamen, maka itulah saat paling berbahaya karena bisa jadi anak buahnya pun jadi sasaran(pernah dihambarkan Kaidou tanpa ba bi bu memukul anak buahnya pakai gada karena kesal). Barangkali ada sebuah kondisi yang membuat Kaidou "bisa dijinakkan" melalui kelemahannya ini. Mungkin itulah alasan kenapa saat Festival Api dilakukan penyerangan karena bisa jadi saat itu adalah waktu yang tepat buat "menjinakkan" Kaidou, karena serangan fisik dirasa kurang efektif, maka serangan mental-lah yang harus dilakukan. Namun bukan Luffy namanya kalau tidak melakukan serangan fisik. Setidaknya bisa menghantam Yonkou saja (meski gak ngefek) sudah merupakan sebuah "penghargaan".

Nah karena hantaman ini telak mengenai kepala Kaido, apakah nantinya bisa mengubah kepribadian Kaido? Bisa jadi, namun tergantung kepribadian mana yang akan terlihat. Atau malah seperti yang tadi dibahas, bisa jadi pukulan Luffy bahkan tidak berasa apa-apa sama sekali.


Cahaya Kastil Oden

Sebelum membahas soal ini, ada satu yang cukup menarik buat diperhatikan: mengapa Jack sangat peduli pada Kuri? sampai-sampai Jack khawatir kalau Kuri hancur gara-gara amukan Kaido. Seharusnya sebagai seorang tiran, Jack tidak perlu mengkhawatirkan Kuri. Kalau memang hancur ya hancur saja.........

Barangkali karena Jack adalah penjaga Kuri, sehingga dia memiliki tanggung jawab yang seharusnya buat menjaga meski dari amukan Kaido persis kayak menteri di Whole Cake Island yang menjaga pulau-pulau di sekitarnya yang bertanggung jawab terhadap pulau yang dijaga supaya aman dari amukan Big Mom. Dari pendapat Jack inilah, barangkali bisa disimpulkan kalau 4 pulau di Wano juga barangkali dijaga oleh petinggi Kaido.

Nah bicara soal Cahaya Kastil Oden yang katanya akhir-akhir ini membuat Orochi ketakutan, maka dapat dipastikan kalau itu adalah cahaya yang mengirim Momo dan 4 pengawalnya dari masa lalu. Perhatikan ekspresi Jack di sini. Kelihatannya dia sudah tahu kalau cahaya itu adalah cahaya yang membawa Momo dari masa lalu karena Jack terlibat dalam pencarian Raizo, namun belum jelas apakah Jack tahu kenyataan kalau Raizo berasal dari masa 20 tahun lalu. Dari sini juga, kita juga tahu bahwa Hawkins sudah menjadi anak buah Kaido ketika Kinemon dkk sudah sampai (karena momen Hawkins bertemu Kaido saat Luffy selesai urusannya dengan Dofla) yang berarti ketika posisi Headliner diberikan, desas-desus itu ditangkap oleh Hawkins.

Jika benar bahwa di kastil Oden ada sesuatu, mengapa Kaido tidak bertindak sejak awal seolah memang keberadaan Kinemon tidak diketahui? Lantas bagaimana Jack bisa tahu soal Raizo? Kelihatannya perburuan Raizo di Zo memiliki kisah tersendiri. Jika memang Jack tahu ada orang lain selain Raizo, mengapa tidak mencari ke Dressrosa atau PH? Belum lagi Dofla tau soal Momonosuke. Tahu darimana Dofla tentang bocah yang berasal dari 20 tahun lalu?

Bagaimana rahasia perjalanan waktu yang dilakukan Momo dan Samurai-nya bisa terendus oleh anak buah Kaido? Dalam hal ini ada dua prediksi:

A. Kaido dan anak buahnya TAHU persis kalau Momo datang dari masa lalu kemudian memberi tahu bawahannya (termasuk rekannya, Dofla) untuk memburu 5 orang ini.
B. Kaido dan anak buahnya TIDAK TAHU kalau Momo dkk datang dari masa lalu, namun mereka diburu hanya lantaran kabur dari Wano.

Buat pilihan A atau B, kebenarannya bisa kita tunggu di chapter ke depannya.

Mengalahkan Kaido

Bahasan di forum-forum One Piece akhir2 ini setelah melihat hantaman telak Luffy ke Kaido menimbulkan pembahasan yang cukup panas: Apakah Kaido selemah itu?




Sekali lagi, sebagai pembaca kita tidak boleh naif dan memandang hanya dari satu sisi. Sama dengan pembaca yang terlalu pesimis kalau Kaido bisa dikalahkan, kita juga tidak boleh terlalu menerima kalau Kaido sudah kalah dengan "begitu saja".

Bisa jadi yang dilakukan Luffy malah "menggeser" rencana Kinemon sehingga akhir arc ini bertepatan dengan akhir dari Reverie atau bisa jadi segala rencana yang disusun justru malah bukannya melawan Kaido, tapi justru malah..........menyelamatkan Luffy dan Law??? (DOOOOOOOONG)

Kita tahu bahwa Kid sedang meringkuk di penjara. Akan timbul pertanyaan: kenapa Kid tidak dihabisi saja? Ane punya jawaban: Kaido adalah tipe yang menyukai petarung tangguh. Sejahat apa pun dia pada Kaido, seberani apa pun dia menantang Kaido, kalau di mata Kaido dia kuat, maka orang itu akan dibiarkan hidup untuk merubah pikiran apakah dia mau menjadi anak buah Kaido(saya jadi ingat dengan Jendral Ousen di manga Kingdom).

Barangkali dulu Kid, Hawkins, dan Apoo (dan Killer) dipenjara, namun hanya Apoo dan Hawkins yang mau menjadi Headliner. Kid keras kepala serta memilih mati daripada menjadi anak buah Kaido. Namun Kaido tidak membunuhnya dan cenderung membiarkannya hidup dalam kurungan mungkin supaya Kid berubah pikiran meski Kaido sadar bahwa hal seperti ini sangat rawan akan pengkhianatan.

Bisa jadi juga, momen Luffy ini bisa "membuka" mata para Supernova yang mendukung Kaido sehingga mereka akhirnya mau berkongsi untuk bisa mengalahkan Kaido karena saya yakin sejauh ini, mereka-mereka yang mau menjadi bawahan Kaido memegang prinsip "bertahan hidup di New World adalah menjadi bawahan Yonkou". Padahal prinsip Luffy dan Law justru malah melawan Yonkou. Berita di WCI andai sampai ke Wano, mungkin bisa menjadi "suntikan" buat para Supernova untuk bisa ikut ambil bagian buat berusaha menjatuhkan Yonkou.

Lalu kembali ke bahasan apakah Kaido bisa dikalahkan? YA BISA. Tergantung bagaimana nanti momen ke depannya. Apakah dengan memanfaatkan kelemahan Yonkou itu sendiri atau malah dengan adu kekuatan? Kalau ane masih bertahan dengan prediksi saya yang lama: Kaido dan Linlin akan saling bunuh. Siapa pun yang bertahan dalam insiden itu, dialah yang berhak meraih tahta Yonkou, dalam hal ini siapa lagi kalau bukan Luffy.Dan deklarasi Luffy sebagai Yonkou akan bertepatan dengan momen berakhirnya Reverie sekaligus membuat dukungan dari negara lain. Ini prediksi lama saya yang masih bertahan. Entah bagaimana nanti.







No comments:

Review Manga One Piece Chapter 930 : Kota Ebisu

Chapter yang penuh intrik. Ada banyak hal tersirat yang bisa kita kupas di chapter ini. Yuk kita kupas