Labels

Thursday, August 13, 2015

Review film : Life of Pi


salah satu film luar biasa yang konon mampu membuktikan eksistensi Tuhan..
menceritakan seorang bocah laki-laki bernama pi, yang terombang-ambing di tengah lautan pasifik bersama richard parker,seekor harimau bengali dan perjuangannya untuk bertahan hidup dari ganasnya lautan dan harimau buas yang satu kapal dengannya.


satu yang menarik disini adalah penggambaran bagaimana disaat saat terjepit, saat hidup di ujung tanduk manusia akan kembali pada fitrahnya, mengingat Tuhan dan pasrah terhadapNya. 

dalam film, keberadaan Tuhan di gambarkan lewat campur tanganNya dalam perjuangan bertahan hidup seorang pi. pi yang terpaksa berbagi tempat dalam satu sekoci dengan seekor harimau buas, belajar bagaimana bertahan hidup di tengah lautan dengan sedikit makanan dan air. tabah,berusaha keras dan tak putus asa dengan ketetapan Tuhannya adalah satu hal menarik dari seorang pi dalam film ini.

namun bahkan pi yang akhirnya bisa menaklukkan harimau tsb pada akhirnya sampai ke titik dimana dia hanya bisa pasrah menunggu kematian di tengah lautan. disinilah campur tangan Tuhan di gambarkan dengan apik dan rasional. dan sampai akhirnya pi selamat dan kembali ke kehidupan normalnya, dia tetap tak berubah pandangannya.

cerita life of pi sebenarnya cukup simple, namun menjadi bahan perenungan menarik lewat dialog2 antar tokohnya yang kuat dan bermakna. pencarian jati diri si pi muda akan Tuhan, bapaknya yang memilih menjadi seorang atheis(atau agnostik ya?) namun cukup memberi kebebasan anaknya memilih jalan hidup, dan dialog2 antara pi dan penulis novel yang mewawancarainya.

disisi lain, satu point kuat film ini ada pada keindahan visual yang disuguhkan sepanjang film. warna2 lembut dan beraneka ragam terasa sejuk di mata. memang tak sedahsyat film avatar nya james cameron, tapi visual efek di film ini tergolong superb. penggambaran binatang2nya hampir semua memakai CGI yang halus. begitu juga latar cakrawala dan lautan di film ini. sangat memanjakan mata.

No comments:

Review Manga One Piece Chapter 930 : Kota Ebisu

Chapter yang penuh intrik. Ada banyak hal tersirat yang bisa kita kupas di chapter ini. Yuk kita kupas