Labels

Thursday, July 9, 2015

AGENT OF CHAOS (review one piece chapter 793)

Setelah beberapa chapter kebelakang tak pernah aku review, akhirnya aku punya gairah untuk mereview kembali. Apa sebab? One piece belakangan membuatku bosan(hahaha ma’aaaff…). Pertarungan melawan doflamingo tak habis2 dan ada beberapa hal dalam chapter2 belakangan yang membikin aku kecewa dengan plot cerita one piece sendiri.
 

Dan akhirnya, oda kembali ke ‘jalur’ nya. Mengisahkan beberapa kejadian setelah tumbangnya doflamingo. Beberapa hal yang cukup mengguncang dunia, terkhusus di wilayah new world. Ini lah yang aku tunggu2 dari akhir kisah dressrosa. Apa efek langsung dari tindakan luffy dan kawan2 yang menumbangkan salah satu tokoh berpengaruh di new world, dan tindakan2 bajak laut lain seperti generasi terburuk dan tindakan world government terhadap bajak laut ini. Tentu tidak semua nya di habiskan oda dalam satu chapter. Bisa jadi(dan sering terjadi) efek yang terjadi itu bertebaran di cerita2 ke depan.


 “AGENT OF CHAOS”


Aku meminjam dari kata2  chara antagonis terkeren yang pernah ada. Joker dari the dark knight versi mendiang heath ledger. Kata2 tersebut di ucapkan joker saat mencuci otak Harvey dent, dari seorang jaksa baik hati yang pantang menyerah terhadap penjahat menjadi salah satu musuh batman berkarakter psycho  yang di kemudian hari di panggil ‘two face’. Pada intinya, joker menggambarkan bahwa dirinya adalah perusak keadaan mapan antara polisi dan para mafia. Pembawa kekacauan yang akan merubah keadaan selama2nya. Itulah agent of chaos. Kunci nya? Cetuskan satu ‘anarki’.


 Apa yang di lakukan luffy di sepanjang cerita one piece adalah hal ini. Dari awal dia memang pembawa kekacauan dan penghancur kemapanan baik buat bajak laut maupun pemerintah, terlepas apakah kekacauan tsb berakibat baik atau buruk. Dan yang di lakukan luffy berdampak jauh ke depan dan mengubah keadaan dunia selamanya. Apa yang dilakukannya di east blue, arabasta, skypiea, water7, sampia 3 fasilitas besar pemerintah mengubah tatanan dunia.
Pun yang terjadi di dressrosa, doflamingo  yang jadi korban luffy kali ini adalah broker terkemuka di dunia hitam, dari mulai bisnis senjata, penjualan manusia sampai penjualan buah iblis. Kita bisa mengira kalau betapa berpengaruhnya seorang doflamingo. Dia mengendalikan perang2 di berbagai Negara, dan bahkan jadi suplai besar2an kekuatan buah iblis bajak laut yonkou kaido. Sponsornya adalah salah satu penguasa lautan, dan doflamingo masuk dalam lingkaran pemerintah dunia sebagai sichibukai, sebagai salah satu tameng dari penyelidikan angkatan laut. Dan semua itu di hancurkan oleh luffy(serta law) dalam satu pukulan. Hancur sehancur-hancurnya. Dengan ditangkapnya doflamingo serta kehancuran organisasi dibawahnya, rekanan dengan orang2 di dunia hitam sudah pasti hancur pula. Satu contoh diperlihatkan oda di chapter ini bagaimana satu Negara yang sedang terlibat perang, salah satu pihak yang menggantungkan suplai senjata dari doflamingo akhirnya memilih hendak menyerah akibat jatuhnya doflamingo. Sebaliknya, di negeri yang lain penduduknya bersorak sorai gembira karena senjata2 yang membawa perang yang berasal dari doflamingo, bakal terhenti dan otomatis menghentikan perang di negeri mereka. Sementara bagi bajak laut yang terlibat bisnis dengan doflamingo, apa yang di dapat dari doflamingo akan hilang seiring dengan jatuhnya sichibukai satu ini dan kondisi mereka akan goyah, tak terkecuali dengan yonkou kaido yang jadi sponsor doflamingo.

Di pihak pemerintah dunia, hilangnya dua sichibukai akan memperngaruhi keseimbangan kekuatan dunia untuk sesaat, dengan efek yang lebih besar dari saat kejatuhan crocodile. Aku pikir dengan kejatuhan doflamingo pemerintah dunia dapat sedikit bernapas lega. Saat doflamingo membusuk di impel down nanti, satu hambatan mengenai ‘rahasia’ yang selalu jadi senjata doflamingo menghadapi tenryuubito dan menggunakan kekuasaan ini akan turut terkubur bersama dengannya. Disaat doflamingo masih bebas dan berstatus sichibukai, pemerintah seperti tertahan untuk mengambil tindakan terhadapnya, padahal dimasa lalu doflamingo berulangkali di kejar2. Dan tentu lebih beresiko lagi jika yang mengalahkan doflamingo saat ini adalah fujitora dan bukannya luffy. Kaido mungkin sekali akan terseret untuk berperang melawan pemerintah karena kepentingannya terganggu.



Inilah yang nanti akan jadi batu sandungan luffy berikutnya. Semua kekacauan yang langsung maupun tidak langsung di akibatkan perbuatan luffy ini, akan menimpakan semua dan semua orang yang terganggu kepentingannya akibat doflamingo jatuh akan mengarahkan kuku2 cengkeramannya terhadap satu aliansi kelompok najak laut kecil ini, bajak laut topi jerami dan bajak laut ‘heart’ Trafalgar law.

No comments:

Review Manga One Piece Chapter 930 : Kota Ebisu

Chapter yang penuh intrik. Ada banyak hal tersirat yang bisa kita kupas di chapter ini. Yuk kita kupas