Labels

Sunday, April 5, 2015

Si Botak IMBA sekali pukul (Onepunch Man)

ekspresinyaaaa.....bangke bener
:D

main chara cool dengan kekuatan yang wokeh punya, kadang ceroboh, kadang kalah sama villain dan perlu power up dengan latihan2 segala macam udah sangat mainstream di kalangan pecinta manga shonen. Bagaimana kalau main charanya pemuda botak dengan muka datar dan punya level power super duper IMBA???

Yak, perkenalkan one punch man, manga karya seorang mangaka bernickname ONE yang di re-draw sama yuusuke murata, mangakanya eyeshield!kebayang dong
artworknya bakal jadi kayak apaan? Dan ekspektasi kita memang terpuaskan dengan artwork murata sensei yang memang IMBA juga.

One punch man, jika di lafalkan akan berbunyi “wan pan man” yang…eerrrr mengingatkan dengan anime jadul tentang pahlawan berkepala kue botak berhidung merah bernama ‘anpanman’(masih ingat?). kalo diperhatikan, wujudnya si main chara nya juga agak nyerempet2 sama si anpanman ini sih, botak dan makai kostum pahlawan berjubah,hehehe. Yaa..mungkin sekali ONE memang membikin OPM terilhami dari serial anpanman ini.

One punch man bercerita tentang seorang pria bernama saitama, pengangguran yang berkali2 lamaran pekerjaannya ditolak. Sempat frustasi, dia memutuskan menjadi seorang pahlawan setelah menyelamatkan seorang bocah berdagu mirip pantat ( :D ) dari serangan monster kepiting. Mulai dari situ, saitama berlatih fisik dan 3 tahun kemudian jadi pahlawan (yang dijalaninya sebagai hobi) tanpa tanding yang mengalahkan semua musuhnya dalam satu pukulan aja. Semuanya. Semuanya! Semuanya hanya dalam satu bogem!

Dalam perjalanannya, saitama bertemu dengan cyborg bernama genos yang segera minta dijadiin murid setelah melihat kekuatan luar biasa dari pahlawan botak ini. Bersama genos, saitama masuk ke dalam organisasi para pahlawan dunia(semacam justice legue atawa avenger versi manga). Bagaimana kelanjutan ceritanya?silahkan aja baca manganya,hehehe…

Alur cerita OPM gak ribet2 macam one piece atau naruto. Tapi percayalah, membaca manga ini bakal membuat ente2 ketagihan dan bakal membacanya terus kayak orang lagi nyimeng. Apa sebab? Cara murata sensei mengaplikasikan cerita dari ONE sensei sangat bagus. Penempatan pace2 cerita dan klimaks pas dan kemunculan saitama biasanya terjadi di klimaks, tapi tidak bikin boring karena bangunan cerita sebelumnya memang mendukung scene OHKO nya saitama ini.


artwork dewooooo.....



artwork dewooooo.....!!!!


Artworknya murata sensei di manga ini juga termasuk udah kelas dewoooo….mengingatkan dengan manga2 seinen seperti gantz, tapi di beberapa chapter artworknya murata terlalu indah dan detail. Apalagi pas meteor arc dan alien boros arc(spoilerrrr ikiiii). Banyak page full colour yang kualitasnya wow wow wow wow wow…tapi biarpun artwork nya indah, murata sensei suka buang2 halaman dengan ngegambar berulang2 objek sama yang diperbesar ataw dibikin seperti gambar bergerak sedetail mungkin. Bayangin aja, ada satu chapter(meskipun full colour) 23 halaman cuman berisi adegan robot gundam bernama metal knight lagi ancang2 terbang!!!!(spoilerrrrr lagiii). Bikin aku yang baca cuman bisa bilang, “dafuq!”, hahaha. Yang lain, jumlah page per chapter yang juga gak konsisten. Ada yang nyampe 50 page, ada juga yang cuman 9 page. Bikin dongkol sih, tapi apa daya, aku juga bacanya scanlation jadi mau protes ya nggak pantas,hahaha.

artworknya murata sensei dibikin gif...keren banget!



Hal lain yang bikin manga OPM unik adalah mengenai kekuatan saitama, sang main character. Kalo boleh di katakana, saitama adalah main character paling kuat di sejarah dunia manga,wkwkwkwk. Bukan son goku, luffy, naruto, toriko, gon atau siapapun deh,wkwkwkwk. Dia SELALU MENANG secara MUTLAK tiap bertarung. SATU KALI PUKULAN, SELESAI. Nggak pake kalah dulu, latihan trus power up jadi kuat. Saitama emang dari pertama tetep latihan fisik, sebelum dia jadi superhero. Tapi setelah dia berlatih 3 tahun, saitama kuatnya nggak ketulungan,hahaha. Aku serius, bener2 ini karakter IMBA nya diluar akal sehat. Peluru ukuran misil bom nuklir Cuma ditendang, meteor di pukul, serangan yang bisa melenyapkan bumi pun cuman dipukul doang, dan itu dia belum serius make kekuatannya!wakakakak…ekspresinya kalo lagi menghajar monster juga slalu bikin ngakak. Monster dan villainnya digambar secara sangar dan detail, tapi untuk saitamanya sendiri digambar sangat sederhana dan nggak niat, kayak emoticon gitu.
:D

Dan mau tahu rahasia kekuatan saitama???dijamin ngakak sengakak-ngakaknya pas saitama ngejelasin rahasia kekuatannya(baca sendiri manganya).


Humor yang ada di manga ini juga bisa bikin terpingkal2 terutama saat2 saitama men OHKO musuh2nya. Duet genos dan saitama(ditambah si super sonic) sering banget dapet scene konyol, biarpun tetep ada adegan2 serius bahkan menggugah. Fresh banget pokoknya.



 OPM redraw nya yuusuke murata sensei dibikin dari tahun 2012 lalu dan saat ini masih ongoing. Manga lain yang layak banget buat ditunggu selain one piece,kingdom,assassination classroom,shokugeki no souma and…..manga of troll dari tite kubo(manga satu ini lagi seru2nya gegara aa jejen yang go back,nyehehehe). Bisa jadi referensi bacaan lain jika ente2 penggemar manga action+humor.



*referensi image dan gif : google

No comments:

Review Manga One Piece Chapter 930 : Kota Ebisu

Chapter yang penuh intrik. Ada banyak hal tersirat yang bisa kita kupas di chapter ini. Yuk kita kupas