Labels

Tuesday, April 14, 2015

Review One Piece Chapter 783 : Menutup Jalan


Hesoo…!!

Beberapa hari lalu chapter terbaru one piece (chapter 783 - menutup jalan) akhirnya keluar dan langsung menghebohkan para fans one piece di seantero dunia, apalagi kalau bukan keluarnya teknik bertarung luffy terbaru, GEAR 4 (lalala yeyeye!!!)! Sesuatu yang samasekali di luar dugaan, seperti yang diharapkan dari seorang eiichiro oda. Tapiiiii….seperti biasa oda sensei memberi cliff hanger pada para pembaca karena luffy baru ngomong sepatah dan langsung stop dan kudu dilanjut dua minggu kedepan karena one piece libur dalam rangka golden week! Waktu yang cukup untuk membiarkan fans sedunia mengira2 seperti apa bentuk teknik terbaru luffy ini.



****Cover cerita pendek jinbei. Wadatsumi meminta jinbei mengizinkannya mengikuti dirinya. Wah..pertanda apakah ini?kita tahu bahwa jinbei akan keluar dari bawah kekuasaan big mom dan ‘mempertimbangkan’ untuk bergabung dengan kelompok topi jerami setelah membereskan beberapa masalah ( chapter 652 – firasat buruk yang menanti). Nha kalau si wadatsumi ini gabung dengan jinbei dan jinbei pada akhirnya jadi kru bajak laut topi jerami, dimasa depan wadatsumi bakal jadi kandidat besar untuk di pasangkan sebagai lawannya san juan wolf. Tapi karena ini masih kesimpulan premature, anggap saja bercanda,hahaha.

****ledakan dan api mulai mereda. Tak diperlihatkan bagaimana nasib trebol setelahnya, masih hidup dengan keadaan gosong ataukah memang sudah mati. Reaksi doflamingo pun datar2 saja, tidak menampakkan kemarahan berlebih lalu menyerang sebagai bentuk balas dendam. Hanya saja doflamingo sedikit menaruh perhatian atau…ah, kacamata hitam menghalangi air muka doflamingo sebenarnya.

Sabo belum terlihat lagi di chapter ini setelah banyak yang mengharapkan dia bakal datang menyelamatkan adiknya. ah, oda sensei rupanya masih menahan kemunculan sabo. Tapi memang kedatangan sabo akan sedikit useless karena satu2nya calon lawannya, trebol sudah tumbang duluan. Kehadirannya mungkin akan membantu luffy dalam menghadapi doflamingo tetapi setelah kita tahu luffy akan menggunakan teknik baru yaitu gear 4, kedatangan sabo bakal ‘mengusik’ show gear 4 ini. Jadi, sabo memang sebaiknya disimpan dulu.


****bahkan kyros dan robin hanya akan mengganggu jika masuk ikut campur ke dalam battle luffy vs doflamingo. Bisa dimaklumi, doflamingo yang licik pasti akan menggunakan ‘sandera’ untuk mengacaukan perhatian luffy. Karena itulah luffy meminta Cavendish membawa semua orang yang mungkin saja terlibat dari tempat itu. Luffy ingin battle 1 on 1 tanpa terganggu, mengamuk sepuas2nya.


****Cavendish memperlihatkan sisi lainnya yang menarik sekaligus jenaka. Ke GR annya rupanya sudah dalam taraf dewa,haha. Tapi dengan ini dia bakal mudah sekali dibujuk,hehehe. Salah satu calon aliansi topi jerami berkepribadian unik selain sai yang dengan mudahnya marah2 hanya karena menyangkal ucapan terimakasih,hahaha. Ini juga salah satu keunikan one piece. Tidak hanya karakter utamanya yang punya kepribadian unik, karakter sampingan bahkan karakter yang digambar sambil lalu punya ciri khas sifatnya sendiri! Masih ingat dengan salah satu manusia ikan bawahan hody jones yang dibikin gepeng oleh ikaros? Itu hanya contoh kecilnya daaan masiiih banyak lagi karakter dengan cirri khas unik di manga ini.

Sementara Cavendish memanggil2 meminta bantuan, Bartholomew malah masih setengah sadar setelah terpesona dengan aksi zoro. Ealaahhh..itu sudah beberapa minggu lalu (di manga sih baru terjadi beberapa saat lalu ya). Yap, point minor lain yang merupakan salah satu segi menarik dari one piece. Poin minor lain dalam chapter ini adalah sedikit ke gentle an seorang Cavendish yang memberikan mantelnya pada robin untuk menutup bahunya yang terluka. See?

Terlihat sekilas  mansherry dan leo saling memandang sambil mengangguk. Sepertinya akan ada sedikit scene untuk mereka di chapter depan nanti.


****biasanya bacot no jutsu nya luffy (minjem dari manga sebelah) mampu memprovokasi lawan. Buggy, Don krieg, Arlong, sampai crocodile dan enel sudah merasakan ‘pahit’ nya bersilat lidah dengan luffy. Kalau sudah kalah dalam bacot2an, biasanya mereka akan bungkam dan emosinya akan terpancing oleh provokasinya luffy.  tapi untuk kali ini nampaknya doflamingo samasekali tak terpengaruh dan masih cengengesan saja mendengar ocehan luffy. Apa karena luffy juga belum menemukan ejekan menyakitkan buat dofla ya?

****aku tak tahu mesti berkomentar apa dengan scene “cool” nya Cavendish yang bersedia mati terlebih dahulu dari law demi menemaninya menyaksikan pertarungan luffy vs doflamingo ini. Maksudku, Cavendish ini orang bodoh atau orang baik hati atau memang seseorang dengan idealisme tinggi?

****ticking clock scenario sudah ditetapkan waktunya. Dofla menyediakan sejam bagi luffy sebelum semua orang di dressrosa tewas. Doflamingo mengira2, dalam 30 menit orang2 akan ada yang mati oleh birdcage. Orang tua,anak2,orang luka dan orang2 yang tinggal di pinggiran pulau lah yang akan mati terlebih dahulu karena mereka takkan sempat sampai di pusat pulau. Jadi Jika luffy ingin tak seorangpun mati, maka dia harus mengalahkan doflamingo dalam 30 menit!

Yang merepotkan ialah kalaupun doflamingo kalah, belum tentu juga birdcage akan otomatis hilang kecuali doflamingo kehilangan kesadaran(seperti vander decken) atau mati(seperti ace dan Corazon). Perjuangan berat bakal dilakoni luffy saat ini. Melawan monster jenius selevel doflamingo yang masih sanggup cengengesan menghadapi gear 3 + busho setelah kena serangan seperti gamma knife secara telak. Dan itupun dibatasi waktu yang semakin menipis antara hidup dan matinya orang2 dressrosa dan teman2nya dibawah sana. Luffy benar2 under pressure disini. Dan satu teknik pamungkas, teknik yang (mungkin) jadi teknik terkuat luffy selama ini akan dikeluarkan, GEAR 4!!!!



****memantapkan tekad mengalahkan doflamingo dalam waktu yang semakin sempit, luffy mengeluarkan sebuah teknik yang samasekali tidak kita perkirakan akan benar2 dikeluarkan oleh oda sensei, GEAR 4!!! Sebuah teknik bertarung luffy selain memompa jantung dan mengeraskan tulang. Teknik yang jauh lebih kuat dari gear 2nd dan gear 3rd..!! daaaaannnn…untuk chapter ini cuman diperlihatkan satu kalimat doang,hahaha…lagi2 dah

Bisa ditebak, teori2 kelas dewa sampai teori2 nggak masuk akal bertebaran di kalangan fans one piece. Sementara ini teori yang paling masuk akal dan jadi mayoritas IMO para fans adalah gear 4th berhubungan dengan eksplorasi otot dimana gear 2nd berpusat pada memompa aliran darah dan gear 3rd berkreasi pada tulang. Oke, cukup masuk akal. Aku pun cenderung pada teori ini jika memang dengan meng eksplorasi ototnya, luffy akan bisa menutupi dua kelemahannya yang jadi cemoohan dofla dalam chapter ini.

Saat luffy menyerang doflamingo secara telak di perut dengan gear 2nd, dofla bilang “ kau memang cepat, tapi tenagamu lemah.” Gear 2nd meskipun bisa membuat garp berdarah dan rob lucci K.O tetap saja masih cukup kurang untuk membuat doflamingo bergeming.
Sedang saat luffy menggunakan gear 3rd, dofla memang menghindar sambil mengejek luffy “kau banyak celah” dan melakukan serangan balik. Dengan dofla menghindar,setidaknya kita bisa tahu bahwa dofla tidak kebal dengan gear 3rd.

Kesimpulanku, gear 4th setidak2nya harus punya minimal kecepatan gear 2nd dan kekuatan gear 3rd. andaipun dengan eksplorasi otot luffy bisa meminimalisir bentuk gear 3rd yang besar dan banyak celah untuk diserang dan itu tidak membebani kecepatan super dari gear 2nd. Kenapa begitu? Sepanjang aku membaca manga shonen battle, masalah yang ada pada chara2 berotot adalah bahwa otot2 mereka menyebabkan pergerakan mereka menjadi lamban. Satu contoh kecil saja ada pada manga dragon ball nya akira toriyama. Di pertarungan cell vs trunks yang baru saja keluar dari ruang waktu dan jiwa, trunks kalah dari cell karena dia terlalu focus pada kekuatan otot sehingga melamban dan dengan mudah cell yang gesit menyerangnya berkali-kali.

Oke, aku tak akan membahas terlalu banyak mengenai teori eksplorasi otot yang kini jadi teori paling popular untuk bentuk gear 4th nanti. Yang jelas, apapun bentuknya gear 4th nanti teknik tersebut haruslah teknik yang membikin luffy jadi kuat berlipat ganda namun tak mengorbankan kecepatannya. toh, doflamingo masih bisa muntah darah karena terkena gomu2 red hawk. Apalagi dengan gear 4th ini yang mungkin…mungkin sekali sebenarnya hendak disimpan luffy untuk menghadapi musuh kuat sekelas yonkou.









Sekedar tambahan, ini fan art hasil karya ku untuk gear 4th nanti.hehehe…




Aku berharaaappp sekali luffy bisa menghajar doflamingo sampai kacamatanya terlepas dan kita bisa tahu muka utuh doflamingo!


Sekian review one piece kali ini. Sampai nanti di review selanjutnya…


hesooo....!!!

No comments:

Review Manga One Piece Chapter 930 : Kota Ebisu

Chapter yang penuh intrik. Ada banyak hal tersirat yang bisa kita kupas di chapter ini. Yuk kita kupas