Labels

Monday, March 5, 2018

10 Pertarungan Terbaik Di One Piece(Bagian 1)

One Piece adalah salah satu manga bergenre battle shounen,yaitu manga yang ditujukan buat remaja laki-laki yang mengambil tema pertarungan. Karena itulah setiap plot cerita yang ada ditujukan untuk menunjang pertarungan yang biasanya jadi klimaks suatu arc. Pertarungan-pertarungan yang tentunya sangat seru dan mendebarkan, bagian besar justru saya lebih suka pertarungan yang digambar oda dalam komik,alih-alih pertarungan yang sudah dalam bentuk gambar bergerak/ anime. Tensinya lebih dapet dan tentu saja jauh lebih epik dengan ciri khas tulisan “DOOONGGG!!!” nya oda saat Luffy men TKO musuh-musuhnya. Tapi itu semua kembali pada selera orang masing-masing, mau suka versi manga atau animenya.

Sejak pertama Luffy melawan monster laut di pengembaraan pertamanya, sudah banyak sekali pertarungan hebat dan keras
yang dia alami. Melawan angkatan laut atau bajak laut lain, itu jadi tontonan menarik yang bisa kita dapat baik dari anime/manganya. Namun ada satu catatan, bahwa setelah timeskip 2 tahun, ada satu yang saya rasakan bahwa pertarungan di manga one piece mulai menurun segi ke-epikannya. Hanya satu yang saya kecualikan  yaitu saat dimana trafalgar law membelah tubuh full bushokoku hakinya vergo bersama setengah pulau Punk Hazard, mungkin ini setara dengan keepikannya gomu-gomu storm yang menghancurkan desert axe nya crocodile. Dan satu yang ‘agak’ epik adalah pertarungan terakhir Luffy melawan Katakuri dengan eksploitasi gear 4 Luffy yang keren. Selebihnya, bahkan saat Luffy vs Doflamingo berasa flat, apalagi saat arc fishman island.

Karena itulah, dalam “10 Pertarungan One Piece Terbaik” yang saya susun ini akan didominasi oleh pertarungan-pertarungan era sebelum time skip. Dari sekian banyak pertarungan yang ada di serial one piece ini, saya memlih 10 terbaik diantaranya. Tapi karena banyaknya detail-detail yang saya sajikan daftar ini akan dibagi menjadi dua bagian. Kita langsung simak dari urutan terbawah:

10. USOPP VS CHEW(Arlong arc)

Satu kejutan bahwa pertarungan usopp vs chew yang mengisi daftar nomor sepuluh, karena hampir-hampir pertarungan ini hanya dianggap angin lalu. Kalau kita searching di internet sedikit sekali artikel yang membahas pertarungan usopp yang pertama(sekaligus dia keluar sebagai pemenang) ini. Padahal boleh dikata, pertarungan usopp vs chew adalah pertarungan yang sangat penting dalam perjalanan karir usopp sebagai bajak laut. Pertama kali usopp bertarung one on one dalam pertarungan hidup dan mati, lawannya pun bukan sembarangan karena dia adalah Chew, kru arlong dan mantan kru bajak laut matahari vdari kalangan manusia ikan yang bisa menenggelamkan satu kapal angkatan laut yang dipimpin seorang kapten. Sedangkan siapalah usopp, hanya seorang pemuda tanggung yang bersenjatakan ketapel. Tapi justru disinilah kehebatan oda mengatur jalannya pertarungan usopp vs chew yang walaupun konyol, namun sangat epik.

Awalnya usopp memprovokasi chew sehingga dikejarlah ia oleh chew. Disatu tempat di antara pematang sawah yang banjir air setelah sebelumnya hujan, usopp tertangkap dan pura-pura mati dengan melumuri dirinya dengan saus tomat. Chew sebenarnya tahu itu namun gengsinya langsung turun jika ia masih meladeni sampah pengecut yang takut bertarung secara jantan itu, ditinggalkannya usop dan chew berbalik arah. Saat itulah rasa kesetiakawanan Usopp bangkit saat membayangkan tangisan Nami. Akhirnya dengan lutut gemetar Usopp kembali memprovokasi Chew agar menghadapinya.

Apa yang menjadikan pertarungan ini jadi pertarungan terbaik adalah betapa timpangnya perbedaan kekuatan antara Usopp dengan Chew, namun dengan segala kecerdikannya Usopp bisa mengalahkan Chew tanpa perlu terluka berdarah-darah seperti Luffy,Zoro dan Sanji di markas Arlong. Usopp bisa mengalahkan lawan sekuat Chew dengan bahan-bahan sederhana yang bisa didapatkan dari sebuah toko sederhana! Sake, api, palu dan karet gelang. Yap, karet gelang. Benda remeh seperti ini bisa dimanfaatkan Usopp untuk memperdaya Chew dengan memanfaatkan reflek manusia yang otomatis merem saat tiba-tiba mau dikaret mukanya,wkwkwkwk. Sumpah adegan ini best banget buat saya.

usopp...wagomu 

9. Ace vs Bajak Laut Kurohige


Pemantik sebuah perang besar yang tercatat didalam sejarah dunia one piece. Portgas D. Ace, kakak Luffy sekaligus kru bajak laut shirohige  yang memburu kurohige alias marshal D. Teach untuk menuntut darah Tatch sesama rekan yang dibunuh Teach. Di pulau banaro gerombolan kurohige dihadang oleh Ace,disitulah arena pertarungan epik yang jadi cikal bakal perubahan zaman. Ace dikeroyok seluruh kru bajak laut kurohige sebelum akhirnya teach sendiri yang turun tangan. Yang membuat saya memasukkan ke dalam daftar ini adalah kemampuan mera-mera no mi ace yang sangat variatif,dimana ace menunjukkan semua jurus-jurusnya sampai kekuatan terbesarnya, Dai Entei’ dilepaskan serta pengaruh yang ditimbulkan pertarungan tersebut pada dunia.



Ace pertama dibrondong peluru oleh Van Auger,sniper dari kurohige. Nggak mempan untuk pengguna logia seperti ace, dan balasan dari ace adalah higan-pistol api. Seolah-olah ace mau bilang “Gue juga bisa nembak elu!”. berikutnya enkei hibashira(pilar api) membakar habis sebuah rumah yang dilemparkan jesus burgess. Berlanjut ke jurus-jurus hotarubi(api kunang-kunang) dll yang dibalas oleh teach. Dan diakhiri dengan tabrakan dahsyat antara dai enkai:entei(Kaisar Api) ace dengan yami-yami no mi kurohige. Semua adegan tersebut digambar oda dengan point of view yang keren! Apalagi saat hibashira direlease dan adegan daienkai, pola nyala api yang digambar oda sangat bagus dan luwes,matching dengan sipemilik kekuatan api tersebut. Demikian pula saat teach mendemonstrasikan kekuatan kegelapannya dengan menyedot habis pulau banaro, itu benar-benar seperti bencana alam, sangat mengerikan!

 












8. Zoro vs 100 Pemburu Hadiah Whiskey Peak

Ini satu vs banyak yang paling keren di manga one piece selain Luffy vs 10.000 angkatan laut di enies lobby! Memang secara kemampuan Zoro jauh diatas para penantangnya , namun mengingat bagaimana proses ‘pembantaian’ seratus orang tanpa Zoro membangunkan kawan-kawannya juga keren sekali. Diawali dengan adegan Zoro yang tengah duduk diatas atap berlatarkan cahaya bulan sambil mengacungkan pedang sambil ngomong “seorang pendekar sejati takkan membiarkan dirinya tertipu tipuan semacam itu!”, saya sampai tak punya stok kata-kata yang pas untuk menuliskan bagaimana keepikan adegan ini! Boleh dibilang oda sudah hampir-hampir tidak pernah membuat scene seepik ini setelah marineford war arc. Scene epik lain di event ini adalah saat Zoro melompat dari atap keatap sambil membawa pedang dengan latar Bulan terang. Indah sekali...



Di event ini pulalah zoro mengujicoba dua pedang barunya yubashira dan sandai kitetsu, dua pedang yang diperolehnya di logue town. Karena sangat tajam, akhirnya zoro hanya menggunakan bagian belakang pedang yang tumpul untuk melumpuhkan musuh. Bahkan Zoro sendiri terkaget-kaget saat dia membelah batu dengan pedang ini.

7. Kizaru vs Supernova


Pertarungan tidak seimbang lain, bedanya yang bikin epik adalah masing-masing supernova( apoo,hawkins,X Drake dan Urouge) semua mengeluarkan kemampuan aslinya,juga ditunjukkan kemampuan buah iblis Kizaru yang sangat mengerikan. Terjadi di pulau sabaody dimana luffy dan kawan-kawan berhenti untuk melapisi kapalnya dengan gelembung agar dapat menyelam ke dalam lautan dimana ada pulau manusia ikan dan menuju new world. Secara kebetulan saat itu berkumpul rookie bajak laut dengan harga buronan diatas 100 juta, yang disebut sebagai supernova alias  generasi terburuk. Disitulah Luffy kembali membuat ulah dengan menghajar tenryuubito dan memancing kedatangan admiral angkatan laut,sosok yang sangat ditakuti bahkan oleh Doflamingo sekalipun. Pun dengan supernova lain, mereka lebih memilih kabur dari pulau daripada harus berurusan dengan admiral angkatan laut.

Pada akhirnya, yang ‘beruntung’ bertemu Kizaru adalah Hawkins yang kebetulan ditanya sesuatu oleh Kizaru. Urouge, yang bertarung dengan Pacifista akhirnya terlempar ke tempat dimana Kizaru sedang berdiri. Sedangkan X Drake dan Apoo, dengan sengaja melibatkan diri ke dalam kekacauan tersebut dan kena batunya, terutama Apoo yang sengaja memancing perhatian Kizaru padahal dia punya kesempatan untuk lari.

Disinilah rentetan keepikan datang bertubi-tubi. Mulai urouge yang tubuhnya membesar beserta otot-ototnya dan gantian menghajar pacifista,X Drake yang seorang Zoan tipe kuno, Dinosaurus berjenis Tyrannosaurus rex, Hawkins yang buah iblisnya berkemampuan voodoo alias ilmu tenung dan santet serta apoo yang tubuhnya bisa berubah menjadi bermacam-macam alat musik yang bunyinya bisa memotong-motong tubuh orang. Semua diakhiri dengan “Kecepatan adalah BEBAN” lewat tendangan superkilat kizaru yang melumpuhkan semua supernova itu. Kizaru membereskan 4 orang supernova tanpa berkeringat setetespun! Masih beraksi dengan mimik muka yang bikin males.


6. Shirohige vs Shanks

“Takkan ada yang bisa menahannya...zaman ini sudah gila!”
“Memangnya aku harus takut???Aku ini SHIROHIGE...!!!”
Traaanggg....
KRAAAKKKK.....!!!!(Langit terbelah)


Itu adalah sekelumit percakapan epik diakhiri dengan bentrokan epik yang terjadi diatas geladak Moby dick antara shanks si rambut merah dengan edward Newgate alias shirohige, manusia terkuat di dunia. Pangkal pertengkaran mereka terjadi semenjak shirohige menolak mentah-mentah peringatan Shanks tentang Kurohige dan permintaan penarikan kembali ace. Dari surat yang dirobek-robek shirohige sampai akhirnya Shanks datang sendiri ke Moby Dick. Rupanya shirohige terus keras kepala sehingga terjadilah pertarungan terdahsyat yang pernah terjadi di manga one piece(bagi saya sendiri).

Bagaimana tidak dahsyat, hanya dengan satu bentrokan pedang langit diatas mereka terbelah dan terjadi badai di laut. Ini sih sudah level pertarungan manga Dragon Ball!


5. God Enel Vs Warriors(Zoro,Robin,Nami,Gan For,Wiper)

Enel itu salah satu karakter favoritku di one piece,hehehe. Tapi pertarungannya diatas memang termasuk pertarungan terbaik yang ada di one piece. Alasan saya menempatkan pertarungan ini di urutan diatas pertarungan shanks vs shirohige karena teror yang ditunjukkan enel di volume 29 one piece. Enel tampil digdaya bahkan hampir-hampir tanpa peluang menang sekecil apapun, kekuatan goro goro no mi miliknya yang menganugerahkannya kekuatan petir samasekali tak terkalahkan sampai akhirnya muncul Luffy.

Bagi saya yang dizaman itu masih buta akan dunia internet,teori-teori tingkat tinggi dari fans-fans one piece dan membaca one piece modal nunggu terbit beberapa bulan sekali, kadang dapat  pinjam punya teman, ada dua momen dimana saya sangat terkagum-kagum dengan hebatnya oda membuild up kemenangan Luffy atas buah iblis tipe logia. Yang pertama adalah saat Luffy vs Crocodile yang ternyata crocodile bisa dikalahkan dengan air. Yang kedua adalah enel ini,dimana ide bahwa “karet adalah isolator listrik” sangat luar biasa bagi saya. Dua-duanya punya build up dimana kekuatan mereka hampir-hampir tidak bisa dikalahkan. Tapi build up cerita enel lebih dahsyat daripada crocodile. Apa sebab?? crocodile belum sampai pada keadaan dimana dia dikeroyok petarung-petarung hebat seperti zoro,robin dan wiper dan dibikin mati lalu hidup lagi. Tingkat keputus asaan yang diperlihatkan oda saat Luffy dikalahkan crocodile lalu dijatuhkan ke pasir hisap, belum ada setai-tainya dengan chapter 275,momen dimana Enel mengalahkan Gan Forr, membuat pingsan robin, ditembak dengan bazooka,dilumpuhkan dengan batu laut, lalu jantungnya di reject oleh wiper,kemudian ‘mati’ dan jantungnya dia pompa sendiri sehingga dia bisa bangkit kembali sambil tersenyum sinis. Gila...disitu desperate betul ekspresi wiper dan nami!
keputusasaan


Bersambung ke bagian kedua

No comments:

Review Manga One Piece Chapter 930 : Kota Ebisu

Chapter yang penuh intrik. Ada banyak hal tersirat yang bisa kita kupas di chapter ini. Yuk kita kupas